Monday, 11 September 2017

Ribuan Karung Bal Pres Asal Singapura Diamankan Ditpolairud Polda Kepri

 
{[["☆","★"]]}

Batam, Dinamika Kepri - Sebanyak kurang lebih 2000 karung pakaian bekas (Bal Pres) dan barang - barang bekas lainnya yang di bawa dari Singapura hendak menuju Batam, ditangkap oleh Ditpolairud Polda Kepri saat kapal pengangkutnya KLM Raja Persada-I Gt.103 berada diperairan Batu Besar Nongsa Batam.

Kapal pengangkut barang bekas itu diamankan oleh Ditpolairud Polda Kepri pada hari Jumat pagi sekitar pukul 06.00 Wib tanggal 08 September 2017 karena barang yang diangkutnya tidak memiliki dokumen resmi kepabeanan, demikian terang Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian saat melakukan konfrensi Pers di Mako Dit Pol Air Polda Kepri, Sekupang, Batam, Senin (11/9/2017) siang.

Selain mengamankan kapal dan seluruh barang bawaannya, dan telah memeriksa saksi- saksi, Nahkoda kapal beranisial H bin J akhirnya ditetapkan menjadi tersangka.

Adapun barang bukti yang telah diamankan yakni berupa 1 unit KLM. Raja persada-i GT.103 serta 1 bundel dokumen Kapal, kurang lebih 2000 karung pakaian bekas (Bal Pres), kurang lebih 30 kasur bekas, kurang lebih 50 unit  tempat tidur rumah sakit, 1 unit piano besar, kurang lebih 50 kursi putar, kurang lebih 200 meja belajar, kurang lebih 50 lemari besi dan kuran lebih karpet gulung bekas.

Atas perbuatannya, tersangka akan dikenakan Pasal 102 undang-undang republik indonesia nomor 10 tahun 1995 tentang kepabeanan dan akan dipidana karena telah melakukan penyelundupan dengan pidana penjara paling lama 8 tahun dan denda paling banyak Rp 500 juta.

Sedangkan untuk penanganan lebih lanjut kasus ini pihak Polda Kepri selanjutnya akan berkoordinadinasi dan menyerahkannya perkara tersebut kepada kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam.(Ril)