Monday, 18 September 2017

Kapolda Kepri : Kasus Kejahatan Trans Nasional Meningkat 27 Persen


Batam, Dinamika Kepri - Terhitung sejak dari bulan Juli dan Agustus 2017, Kasus kejahatan konvensional mengalami kenaikan yakni sebesar 43 kasus atau 19 persen diantaranya 225 kasus di bulan juli dan 268 kasus di bulan Agustus.

Sedangkan kasus jenis kejahatan Trans nasional juga ikut mengalami kenaikan sebesar 7 kasus atau 27 persen yaitu 26 kasus di bulan dan 33 kasus di bulan Agustus.

Tak ketinggalan, untuk kasus kejahatan terhadap kekayaan negara juga mengalami kenaikan yakni sebesar 50 persen diantaranya 2 kasus di bulan Juli dan 4 kasus di bulan Agustus 2017.

Sedangkan untuk kasus kejahatan yang berimplikasi kontinjensi tidak ada mengalami kenaikan atau penurunan (tetap=red) sebesar 0 persen, demikian kata Kapolda Kepri, Irjen Pol. Drs Sam Budigusdian saat kata sambutan pada upacara bulanan dan di Lapangan Upacara Polda Kepri, Senin (18/9/2017).

Lanjut Kapolda, katanya dilihat dari data perkembangan gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polda Kepri serta dijajarannya pada bulan Agustus 2017 dibandingkan pada bulan Juli 2017,  berdasarkan trend kejahatan menurut golongan bahwa dalam penegakkan hukum di laut Ditpolairud Polda Kepri, terhitung mulai bulan Januari sampai dengan Agustus 2017, telah menangani 34 kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah Perairan.

Dari 34 kasus dimaksud, 16 kasus telah diserahkan ke Instansi terkait yakni Bea cukai, Balai Karantina Hewan Ikan dan tumbuhan, dan dinas kelautan dan perikanan Propinsi Kepri.

Saat ini Polda Kepri berserta jajarannya juga sedang melaksanakan Operasi Mandiri kewilayahan Antik Seligi 2017 yang telah dilaksanakan dari mulai tanggal 31 Agustus 2017 sampai dengan tanggal 19 september 2017, atau selama 20 hari yakni dengan sasaran Narkoba.

Kapolda berharap agar seluruh personilnya juga dapat melakukan operasi tersebut dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya akan memperoleh hasil yang maksimal.

Dan melihat perkembangan gangguan Kamtibmas meningkat saat ini, Kapolda mengajak seluruh Polisi di Kepri agar lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau.(Ril)