Tuesday, 1 August 2017

Tips menghindari agar kartu ATM tidak tersedot usai melakukan penarikan tunai

 

Ilustrasi mesin ATM.
Batam, Dinamika Kepri - Saat ini Sistem safety (Keamanan) bagi pengguna Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tarik tunai terus di sempurnakan oleh pihak Bank manapun untuk melindungi para nasabah dari tindak kriminal.

Namun tak jarang dari sistem yang digunakan itu kerap membuat sebagian nasabah merasa kesal diduga karena lamban mengetahui informasinya.

Andi namanya, Andi adalah salah satu nasabah Bank BCA di Batam. Pada tanggal 31 Juli 2017 kemarin, ATM nya tersangkut karena tersedot di ATM lain hanya karena terlambat beberapa detik menarik ATM nya dari mesin. ATM nya ditarik mesin masuk dan tidak bisa diproses lagi.

ATM nya tersedot saat melakukan tarik tunai. Padahal transaksinya belum selesai dan kejadian itu sangat membuatnya kesal.

Tidak seperti dulu, biasanya sekali masukan PIN (Personal Intern Noumber) ATM bisa melakukan beberapa kali transaksi. Sekarang beda safety lebih kuat dimana setiap 1 kali transaksi, kartu ATM keluar dan kembali meminta PIN jika ingin melakukan transaksi kembali.

Dan yang menjadi perhatian nasabah saat ini adalah, jika kartu ATM sudah dikeluarkan mesin, baiknya segera diambil sebab jika lewat dari waktu yang ditentukan oleh mesin, secara Automatis kartu anda akan di sedot mesin dan tak akan di keluarkan lagi.

Nah..jika itu terjadi pada anda, baiknya jangan panik, hubungi call center bank anda untuk pemberitahuannya, bila perlu biar lebih aman, minta langsung di blokir, setelah itu uruslah kartu ATM baru anda.

Kepada media ini, pihak bank BCA cabang Batam Center mengatakan, itu memang benar, katanya saat ini sistem keamanan bertransaksi dari ATM sangat safety. Maka itu setiap nasabah dianjurkan selesai transaksi langsung mengambil ATM nya agar tidak tersedot oleh mesin.

" Iya benar, makanya setiap kita selesai transaksi itu, kartu ATM langsung diambil sebab jika tidak, dengan automatis kartu ATM akan di sedot masuk oleh mesin, karena hitungan waktunya singkat hanya hitungan detik. Makanya jika kartu ATM tidak diambil dari waktu yang ditentukan oleh sistem mesin, maka mesin akan menganggap kartu anda telah tertinggal lalu dengan automatis menyimpannya ke dalam mesin tujuannya untuk keamanan kartu ATM anda, agar tidak jatuh ketangan orang lain," terang pihak Bank itu kepada media ini, Senin (31/7/2017).

Pantuan media ini di beberapa mesin tarik tunai, beda Bank beda sistem keamanannya. Saat menarik tunai ada yang uangnya diluan keluar baru Kartu ATM. Begitu juga sebaliknya, cabut Kartu ATM baru uangnya keluar. Bahkan ada juga uang dan Kartu ATM keluar secara bersamaan.

Tetapi apapun nama jenis Bank nya, semua mesin tarik tunai akan memberikan sinyal suara saat Kartu ATM berada di mulut inser card mesin.

Maka untuk tipsnya, jika anda melakukan transaksi tarik tunai di ATM manapun, usahakan cepat untuk mengambil Kartu ATM anda.

Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan keamanan di sekeliling anda sebelum melakukan transaksi dan jangan lupa juga untuk melindungi PIN ATM anda dari Spy-spy, semoga bermamfaat. (Ag)

Editor : Agus Budi T