Sunday, 27 August 2017

Lokasi Pembuangan Limbah PT.Musim Mas di TPA Punggur di Police Line

 
{[["☆","★"]]}

Lokasi bekas penimbunan limbah PT.Musim Mas di TPA Punggur di Police Line.
Batam, Dinamika Kepri - Menindak Lanjuti berita sebelumnya tentang dugaan PT Musim Mas telah membuang limbah B3 zat berbahya ke tempat pembuangan akhir (TPA) Telaga Punggur, semakin terbukti setelah Dinas Kementerian Lingkungan Hidup dari Pusat bergerak cepat mengambil tindakan untuk mempolice Line lokasi tempat pembuang limbah ini.

Ketika lokasi TPA ini disambangi media, Minggu (27/8/2017)  siang, didapati telah terpasang garis police line. Menurut informasi dari warga setempat dilingkungan TPA tersebut menuturkan, Police Line bekas itu miliknya dari Dari Dinas Kenterian Linkungan (KLH) pusat.

"Itu Police Linennya dipasang mulai hari jumat kemari Mas! Sejak PT Musim Mas membuang limbah terakhir, ada beberapa orang datang kemari, katanya mereka dari Dinas Kementerian Lingkungan hidup dari Pusat dan dari Dinas lingkungan hidup kota Batam," ucap warga.

Aksi penimbunan limbah oleh PT.Musim Mas sebelum lokasi di police line.
Terkait keberadaan Police Line itu, ketika dikonfirmasi media kepada Kepala Dinas Lingkungan hidup Kota Batam Ir.Dendi Purnomo, belum ada jawabannya sampai berita ini dimuat.

Sebelumnya pada hari Rabu 26 Juli 2017 PT.Musim Mas yang beralamat di kawasan industri Jalan Raya Pelabuhan CPO Kabil - Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, siangnya terlihat telah membuang limbah perusahaannya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur, Batam.

Pantuan media di tempat pembuangan sampah itu, terlihat mobil-mobil pengangkut limbah dari perusahaan dibidang minyak goreng tersebut, kendaraannya tampak berbaris antri untuk membuang limbahnya dengan begitu bebasnya, padahal lokasi TPA tersebut adalah pembuangan sampah dari limbah sampah rumahan, namun dijadikan tempat buang limbah perusahaan oleh PT.Musim Mas.

Bahkan pria bernama Budi yang mengaku kordinator dari PT. Musim mas itu kepada media ini Via WatsApp mengatakan bahwa pembuangan limbah ke TPA tersebut telah memiliki izin legalitas yang sah dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

"Itu sudah sesuai izinnya dari KLH bang," balas Budi singkat waktu itu.

Bahkan kepada media ini sebelumnya, usai menghadiri acara dari DPRD Batam, Dendi juga menyatakan bahwa PT.Musim Mas itu sudah memiliki izin yang sah hingga di izinkan membuang limbahnya di TPA itu.

"PT Musim Mas membuang limbah ke TPA ada izinya dari KLH dan sudah Perdanya coba tanyakan langsung ke Komisi III mereka yang buat Perdanya." kata Dendi beberapa waktu lalu.

Dengan adanya Garis Police Line saat ini, ada dugaan pihak perusahaan dengan  Ir.Dendi Purnomo kong kalikong tentang mengatakan Izin KLH yang dimaksudkannya.

Budi mengatakan sudah miliki izinnya dari KLH, Dendi juga mengatakan demikian. Namun apa yang terjadi, sekarang lokasi bekas penimbunan limbah PT. Musim Mas tersebut, malah di Police Line oleh Kementrian Lingkungan hidup dari Pusat (Jakarta). Maka timbul pertanyaan mana yang benar?

Pembuangan limbah perusahaan ini juga sempat ditentang oleh warga setempat saat itu terutama dari LPM Kabil,  namun pihak perusahaan tidak menggubrisnya.(Ril)