Monday, 14 August 2017

Ketua LPM Kabil : Izin KLH Milik PT Musim Mas, Perlu dipertanyakan

 
{[["☆","★"]]}

PT Musim Mas
PT Musim Mas saat membuang limbah perusahaannya  ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur, Batam.
Batam, Dinamika Kepri - Terkait limbah PT Musim Mas yang membuang limbahnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur yang sebelumnya telah menjadi sorotan warga, saat ini masih menjadi pertanyaan besar bagi warga sekitar, pasalnya hampir setiap minggu PT Musim Mas melakukan aktivitas pembuangan limbahnya ke TPA tersebut, Senin (14/8/2017).

Mengaenai hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Ir. Dendi Purnomo ketika dikonfirmasi awak media sebelumnya mengatakan, bahwa PT limbah Musim Mas tersebut tidak berbahaya sekalipun limbah tersebut Salag oil yang dikategorikan limabah B3, dan PT Musim Mas membuang limbah ke TPA juga sudah sesuai Perdanya.

"PT Musim Mas membuang limbah ke TPA itu ada izinya dari KLH dan sudah ada Perdanya. Coba tanyakan langsung ke Komisi III, karena mereka yang buat Perdanya" kata Dendi beberapa waktu lalu saat berada di DPRD kota Batam.

Terkait hal tersebut, Ketua LPM Kabil, Rambe akhirnya angkat bicara, kata dia apa dasar Dendi Purno mengatakan PT Musim Mas boleh membuang limbah perusahannya ke TPA Telaga Punggur.

"Atas dasar apa Kelapa Dinas Lingkungan hidup kota Batam mengatakan Bahwa PT Musim Mas boleh membuang limbah perushannya ke TPA. Apa tidak berbahaya untuk kesehatan masyarakat nantinya? sekalipun itu ada Perda yang mengatur." kata Rambe, kesal.

Selain  itu, dalam waktu dekat ini katanya pihak LPM kelurahan Kabil juga akan mempertanyakan hal itu kepada Kepala Dinas Lingkungan hidup kota Batam.

"Kami dari LPM kelurahan Kabil, akan mepertanyakan Perda tersebut, tahun berapa Perda itu dibuat dan apa dampak limbah yang dibuang tersebut bagi lingkungan, jangan seenaknya aja dia bilang Perda - perada  kita yang merasakan dampaknya bahaya limbahnya.'' tandas Rambe. (Ril)