Sunday, 27 August 2017

Jaga Kebhinekaan, Paguyuban Among Worgo Jowo Gelar Halal bi Halal

 
{[["☆","★"]]}

Ketua Paguyuban Among Worgo Jowo/ Ki Lurah Punggowo, Suryo Respationo.SH saat memberikan kata sambutan.
Batam, Dinamika Kepri - Guna menjaga Kebhinekaan Persatuan Indonesia dalam NKRI tetap bersatu serta menjalin tali silaturahmi Suku Jawa di Pulau Batam, Paguyuban Among Worgo Jowo yang diketuai oleh Suryo Respationo.SH selaku Ki Lurah Punggowo, hari ini mengadakan Halal bi Halal di Dataran Engku Putri Batam Center, Minggu (27/08/2017) siang.

Mulai pagi, ratusan warga Batam tampak sudah memadati dataran Engku Putri. Dalam acara Halal bi Halal ini, Paguyuban Among Worgo Jowo mengambil tema 'Bhinika Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa" dengan makna "Beraneka Ragam itu Satu Tiada Kebenaran Ganda".

Menurut salah satu Panitia Pelaksana Acara, Safroni kepada media menuturkan sebelum acara di mulai, terlebih dahulu akan diawali pertunjukan kesenian Asal Jawa seperti kuda kepang, Reok, Jaranan, Barongan, Jatilah/Ebeg dan Tenang Ireng.

Pertunjukan Reok Ponorogo.
Setelah pertunjukkan di mulai, tampak ratusan warga yang mengunjungi dataran Engku Putri pun terlihat menikmati kesenian yang disuguhkan.

Menurut Bu Ani (35) seorang warga Jartinegara, saat menyaksikan keseian Reok, katanya sebagai warga Jawa yang berada di Batam, sangat bangga dengan acara halal bi halal yang berlangsung hari ini.

"Dengan adanya acara seperti ini, sebagai orang Jawa yang ada di Batam, tentu saya sangat bangga sekali, pokoknya muantap." ujar Bu Ani senang.

Kata Bu Ani lagi, acara ini selain memperkenalkan kesenian adat  Jawa juga bisa menjadi tontonan seru di hari libur.

"Pokoknya seru, selain bisa memperkenalkan kesenian adat Jawa dan menjalin tali silahturahmi, acara ini juga dapat sebagai tempat menghabiskan waktu berlibur di hari Minggu." tandas Bu Ani.(Ril)