Tuesday, 22 August 2017

Di Jambi, Polisi berhasil gagalkan lundup rokok non cukai asal Batam

 
{[["☆","★"]]}


Kuala Tungkal, Dinamika Kepri - Jajaran Polairud Polda Jambi bekerjasama dengan Polres Tanjabbar berhasil gagalkan penyelundupan rokok non cukai asal Batam sebanyak ratusan Ball, Selasa (22/8/2017).

Penyelundupan tersebut tertangkap oleh polisi menggunakan kapal cepat (Speedboat) sekitar pukul 01:00 wib dini hari, Senin (21/8/2017)

Dalam hal ini petugas kepolisian berhasil menyita barang bukti berupa 351 Ball Rokok atau setara 171.000 bungkus rokok dengan dua merk yaitu H-Mild dan Luffman. Polisi juga mengamankan 7 orang ABK yang membawa barang tersebut.

Dalam pengakuannya Novrianto mengaku barang tersebut berasal dari kota Batam atas pesanan dipulau kijang. Ia juga mengaku hanya sebagai pengemudi Speedboat tersebut.

Dir.Pol Air Polda Jambi, Kombes Polisi Drs, Muhamarta saat di dampingi Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga S. Ik menyampaikan akan bersinergi dengan Polda Kepri menelusuri pemilik ratusan Ball Rokok non cukai tersebut.

Untuk diketahui Tim dari Mabes Polri, Polair Polda Jambi dan Polres Tanjung jabung barat bukan kali pertama mengamankan rokok tanpa cukai melalui perairan Kualatungkal. Ratusan dus rokok ini diamankan oleh kapal polisi saat berangkat dari Batam menuju Pulau Kijang, Riau dan saat melintas di perairan Jambi.

Muhamarta mengungkapkan, dalam operasi kali ini pihaknya berhasil mengamankan 351 dus atau 351 ball bersama tujuh orang termasuk kapten kapal. Tujuh orang tersebut ada yang berdomisili di Batam dan juga ada di Riau.

Dia menjelaskan, modus penyelundupan rokok ini dilakukan dengan speedboat yang dimodifikasi khusus. Sedangkan untuk pemilik barang, saat ini masih dalam pengejaran, berdasarkan pengakuan abk.

Kepada media Muhamarta menambahkan, ratusan dus rokok ini akan langsung dibawa ke Polda Jambi sebagai barang bukti. “Pelaku akan kita jerat dengan undang-undang pelayaran, perdagangan dan cukai,” tegasnya.(cr)