Wednesday, 26 July 2017

Diduga kebal hukum, PT.Musim Mas buang limbahnya ke TPA Telaga Punggur

 

Batam, Dinamika Kepri - PT.Musim Mas yang beralamat di kawasan industri Jalan Raya Pelabuhan CPO Kabil - Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, Rabu (26/7/2017) siang terlihat telah membuang limbah perusahaannya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur, Batam.

Pantuan media di tempat pembuangan sampah itu, terlihat mobil-mobil pengangkut limbah dari perusahaan yang bergerak di bidang minyak goreng tersebut tampak berbaris antri untuk membuang limbahnya. Buang timbun begitulah yang terjadi.

Melihat aksi bebas buang limbah yang diduga mengandung jenis limbah B3 ini terkesan seakan pihak perusahaan telah kebal dengan segala bentuk jenis hukum apapun di negara ini, pasalnya limbah minyak goreng beku dugaan mengandung limbah B3 jenis Slope Oil itu dibuang bebas tampa hambatan keatas tumpukan sampah, setelah itu langsung ditutup dengan tanah dan sampah memakai alat berat Beko agar limbah itu tidak terlihat.

Melihat hal tersebut tentunya menunjukkan seolah pihak perusahaan memang tidak perduli tentang akan terjadinya dampak lingkungan sekitar. Padahal di sekitar TPA ini, selain terdapat banyak pemulung, tempat tersebut juga padat penduduk.

Melihat keanehan tersebut, ketika di konfirmasi melalui Whatsap (WA) nya, Budi selaku kordinator dari PT. Musim mas kepada media ini mengatakan bahwa pembuangan limbah ke TPA tersebut telah memiliki izin yang sah dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

"Itu sudah sesuai izinnya dari KLH bang," balas Budi singkat.

Terkait hal itu, awak media ini juga telah mencoba untuk mempertanyakan kebenaran dari izin yang di maksudkan oleh Budi tersebut kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Batam Dendi Purnomo, namun ketika hendak ditemuin di kantornya, seperti biasa yang bersangkutan tidak berada di tempat. (Ril)

Editor : Agus Budi T