Tuesday, 4 July 2017

Curi ikan di laut Natuna, Dua kapal bendera Malaysia dan puluhan ABK diamankan

 

Ilegal fishing
ABK dari kedua kapal.
Batam, Dinamika Kepri - Dua kapal berbendera Malasysia diamankan petugas patroli laut Polda Kepri di perairan Natuna Kepri setelah ketahuan mencuri ikan di wilayah perairan indonesia. Dari kedua kapal petugas mengamankan 1 ton ikan dan puluhan ABK warga negara Vietnam, Selasa (4/7/2017).

Pengawasan di wilayah perairan indonesia terus ditingkatkan oleh  aparat hukum. Pada Senin sore kapal Patroli Antasena Polda Kepri yang di nahkodai oleh Kompol Badsuki, mendapati ke 2 kapal nelayan bendera Malaysia itu sedang melalukan pencurian ikan (ilegal fishing) dan langsung mengamankannya.

Sedangkan untuk modus yang digunakan oleh pelaku ini yakni sengaja memasang bendera Malaysia untuk mengelabui petugas penjaga laut perbatasan antara Malaysia dan indonesia. Kedua kapal tersebut ditahan karena diduga telah melakukan pelanggaran UU perikanan republik indonesia.

Untuk sementara kedua kapal dan anak buah kapal telah diamankan di dermaga pelabugan Batu Ampar Batam dan akan diserahkan ke PSDKP Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut.(Ln)

Editor : Agus Budi T