Tuesday, 6 June 2017

Lantamal IV Tanjungpinang, Tanamkan rasa nasionalisme bagi para generasi muda


Saat Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Syafrudin,S.Ag memberikan pemahaman rasa ke Bhinekaan dan Cinta NKRI keapda para pelajar di SMP Hang Tuah, Tanjungpinang, Kepri

Tanjungpinang, Dinamika Kepri -Dalam rangka untuk membekali nilai-nilai pancasila serta untuk mengimplementasikan rasa nasionalisme dalam kehidupan bagi para generasi muda khususnya bagi para kalangan pelajar di Kota Tanjungpinang, seperti yang dilakukan di SMP Hang Tuah dan SD Hang Tuah terkhususnya lagi kepada masyarakat Tanjungpinang, Komandan Lantamal IV Tanjungpinang menunjuk langsung Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Syafrudin,S.Ag untuk melakukan acara "Pekan Pancasila" diruang tunggu pelabuhan Sri Bintan Pura, Selasa (6/6/2017).

Di pelabuhan tersebut para calon penumpang yang akan bepergian,  juga tidak luput dari sasaran sosialisasi Pekan Pancasila.

Pada acara Pekan Pancasila ini pihak Lantamal IV mengangkat thema "Saya Indonesia Saya Pancasila”.

Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Syafrudin,S.Ag berharap optimis katanya, dengan sosialisasi yang dilakukan itu dapat menumbuhkan rasa ke Bhinekaan dan Cinta NKRI bagi setiap orang warga indonesia.

"Melalui sosialisasi dan pembinaaan maka peningkatan kesadaran akan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia akan baik, juga akan mendapat meningkatkan dalam pemahaman dan implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia Pancasila Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI." ujar Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Syafrudin,S.Ag.

Satu hal yang menarik dalam sosialisasi ini yakni pemahaman Pancasila dengan jargon “Saya Indonesia Saya Pancasila” yaitu dibuat dalam bentuk yel-yel menjadikan acara pembekalan itu menjadi lebih menarik dan mendapat perhatian dari kalangan pelajar dan penumpang.

Dan yang tidak menarik lagi, konsepnya dilakukan ala metodik didaktik tertentu dengan bawakan dengan santai juga diselingi dengan permainan yang humoris.

Menurut Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R.Eko Suyatno,S.E,M.M. Kedepannya sosialisasi pemahaman dan implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia Pancasila,Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI tersebut akan terus digalakkan diwilayah kerja Lantamal IV khususnya bagi masyarakat Kepri tujuannya untuk merajut dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan solusi membendung faham-faham  radikalisme dikalangan generasi muda.

"Kegiatan sosialisasi kepada pelajar dan masyarakat Tanjungpinang dengan sasaran agar masyarakat kembali kepada jati diri bangsa Indonesia serta implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia Pancasila Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI hal ini sesuai dengan intruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut yang tertuang dalam TR Kasal tentang giat Pekan Pancasila." ujar Danlantamal IV Laksamana Pertama, TNI R.Eko Suyatno. (Ril)

Editor : Agus Budi T