Tuesday, 6 June 2017

Kepala KPPU KPD Batam Lukman Sungkar, Dukung ojek online agar beroperasi kembali


Lukman Sungkar
Kepala KPPU KPD Batam, Lukman Sungkar. SE

Batam, Dinamika Kepri - Apa yang salah dengan ojek online, tidak ada, tapi kenapa harus dihentikan, nah itu yang menjadi pertanyaan, kasihan mereka jadi pengangguran, demikian kata Kepala KPPU KPD Batam, Lukman Sungkar, SE saat menanggapi beberapa pertanyaan dari para awak media usai menggelar acara buka puasa bersama dengan anak Yatim dari Yayasan Mandiri Bengkong dan Punggur di di lantai III Hotel Sahit, Batam Center, Batam, Kepri, Selasa (6/6/2017), sore tadi.

Sebelumnya sejak tanggal 1 Juni 2017 yang lalu, seluruh operator ojek online yang beroperasi di kota Batam telah diberhentingkan sementara oleh Dishub kota Batam, dan tidak tahu kapan penghentian itu akan berlaku, apakah benar sementara ataukah akan dihentikan selamanya.

"Penghentian operasional ojek online di Batam saat ini, itu  adalah tindakan yang sangat tidak tepat, menurut saya tidak ada yang salah dengan ojek online, memang ada persaingan disana tetapi persaingan yang biasa. KPPU sendiri tidak bisa bertindak disitu karena belum ada peraturan UU yang mengaturnya karena kendaraan yang digunakan adalah roda dua, kecuali roda empat. Malah keberadaan ojek online di Batam saat ini sangat membantu banyak pihak terutama dikalangan masyarakat karena selain mengangkut penumpang mereka juga bisa jadi pengantar barang dengan tarif yang terkontrol. Mari kita berkaca pada kota-kota besar, jika itu menyalahi mengapa tidak dihentikan sekalian, Ya..harusnya keberadaan ojek online di Batam bisa menjadi motivasi bagi ojek pangkalan, karena itulah perkembangan zaman dan kita harus mengikutinya," kata Lukman.

Ketika ditanya, apakah  KPPU Batam mendukung jika ojek online dioperasikan kembali, jawabnya sangat mendukung, dengan alasan agar pengangguran di Batam tidak terjadi peningkatan.(Ag)

Editor : Agus Budi T