Wednesday, 3 May 2017

Yusril Koto pertanyakan sertifikat air minum Sanford

 
{[["☆","★"]]}

Yusril Koto
Ketua LSM Balerang, Yusril Koto. SE

Batam, Dinamika Kepri - Disaat menunggu jadwal jam sidangnya dengan PT Gajah Ijumi selaku pemohon, dalam perkara label air minum Sanford di Pengadilan negeri Batam, disela waktunya, Yusril Koto bersama Jerry Macan, kepada media ini  mengatakan kalau mereka saat ini sangat mempertanyakan tentang adanya sertifikat yang dimiliki PT Gajah Ijumi yang menyatakan bahwa air minum Sanford adalah minuman mineral dan alami.

" Saya tak habis pikir, air minum Sanford katanya minuman mineral alami, dan anehnya lagi ada pula sertifikatnya, itukan namanya ngawur." kata Yusril Koto, Rabu (3/5/2017)

Menurut Yusril, air minum Sanford bukanlah air minuman mineral alami seperti yang tertera di kemasannya itu. Sanford bukan minuman mineral tetapi minuman Demineral, apalagi disebut alami,  jelas itu tidak masuk akal.

Lanjutnya, Minuman yang disebut minuman mineral dan alami itu adalah minuman yang bahan baku airnya diambil langsung dari sumber mata air dari pengunungan,  itu baru dapat di sebut minuman mineral yang alami.

Bukan seperti Sanford ini, air bakunya saja berasal dari DAM yang disalurkan ATB, dan sudah bercampur zat kimia seperti kaporit, tetapi tetap saja ngotot kalau producknya adalah minuman mineral yang alami. Dan paling parahnya lagi kata saksi sebelumnya kalau Sanford selevel dengan Aqua.

Selain di kemasan Sanford di tulis sebagai minuman mineral dan alami, juga ada tulisan kanji yang tidak dapat kita fahami. Ini indonesia bukan negara Cina.

Jelas Yusril lagi, Air mineral adalah air yang banyak mengandung mineral-mineral alami seperti kalsium, besi, natrium, fosfor, dan lain-lainnya, sedangkan air Demineral adalah mineral-mineral yang terkandung dalam air tersebut telah didistilasi, sehingga mineral yang terkandung didalamnya hilang. Memang air itu bersih dan murni kelihatannya, namun tidak bisa serta merta di sebut sebagai air mineral dan alami, itu bedanya.

Selain itu, Jerry Macan juga menambahkan, kata dia Sanford bukanlah air minuman mineral alami tetapi air Demineral.

" Sanford adalah minuman Demineral, dan jangan coba membodohi masyarakat. Jika tidak terima, kami juga siap melayani proses hukum ini sampai tingkat manapun." kata Jerry Macan, memastikan.[Ag]

Editor : Agus Budi T