Monday, 15 May 2017

Nyanyang Haris : Batam sangat layak jadi provinsi khusus

 
{[["☆","★"]]}

Nyanyang haris
Ketua komisi III Dprd Batam, Nyanyang Haris Pratimura.SE.

Batam, Dinamika Kepri - Menanggapi adanya wacana tentang pembentukan provinsi khusus Batam dari sekelompok orang di Batam saat ini, Ketua komisi III Dprd Batam, Nyanyang Haris Pratimura.SE menuturkan kalau ia juga sangat mendukungnya.

" Batam sudah layak menjadi provinsi khusus, Ya.. saya pribadi juga sangat mendukung wacana itu. Harapannya semoga cepat terealisasi agar Batam ini bisa segera menjadi provinsi khusus seperti apa yang sudah dicanangkan oleh BJ Habibie sebelumnya," kata Nyanyang Haris menanggapi kepada media ini saat berada diruang kerjanya, Senin (15/5/2017).

Tidak sampai disitu, Nyanyang juga menjelaskan apa keuntungannya jika Batam sudah menjadi provinsi khusus.

"Jika nanti Batam sudah menjadi provinsi khusus, dipastikan Batam akan lebih maju. Apalagi bisa dikelola dengan baik, Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa mencapai Rp 7,11 Triliun. Tentang syaratnya juga tidak harus memiliki 5 Kabupaten kota, 3 kabupaten juga cukup dan itu juga tidak harus mesti karena statusnya khusus." ujarnya.

Ketika ditanya bagaimana status kelanjutan jabatan walikota Batam jika provinsi khusus Batam benar-benar terjadi, Nyanyang menjawab itu tidak ada masalah.

" Itu sebenarnya tidak ada masalah. Saya juga tahu itu yang ditakutkan. Ok saya jelaskan, nanti ketika provinsi khusus Batam sudah jadi, Gubernur sementara yang tunjuk oleh pusat akan menunjuk Walikota menjadi Ketua BP Batam dan itu harus karena Batam ini daerah otonomi. Nantinya deputi-deputi di BP Batam itu tidak diperlukan lagi, cukup dengan kabiro-kabiro saja agar bisa selaras." terangnya.

Menanggapi reaksi pro dan kontra ditengah masyarakat saat ini, sebelum mengakhiri Nyanyang Haris mengatakan, itulah demokrasi.

"Pro dan kontra adalah suatu hal yang biasa terjadi di dalam negara yang berdemokrasi. Itulah demokrasi. Pro dan kontra adalah hak setiap orang untuk berpendapat yang dilindungi undang-undang, tapi ingat harus tetap berjaga agar jangan sampai melampaui batas rambu-rambu dari aturan hukum yang berlaku." kata Nyanyang menutup.

Perlu diketahui, ternyata akibat dampak dari wacana pembentukan provinsi khusus Batam ini, sesama para aktivis LSM, OKP, Ormas maupun aktivis secara personnya, sudah tidak lagi sejalan, padahal dahulunya terlihat kompak, tetapi kini tampak berbeda karena beda pemikiran untuk Batam. Namun ada dugaan kalau itu tidak seperti apa yang sedang terlihat.(Ag)

Editor : Agus Budi T