Monday, 15 May 2017

Nih ada lagi, Aktivis LPPN-RI Batam Jerry Macan Tolak keras PKBM


Jerry macan
Aktivis LPPN-RI kota Batam, Jerry Macan.

Batam, Dinamika Kepri - Isu tentang adanya wacana pembentukan "Provinsi Khusus Batam Madani" (PKBM) yang notabenenya disebut telah digadang-gandang oleh sebagian kelompok orang di Batam dimana saat ini kabar tersebut, terus bergulir dan mendapat reaksi keras dari berbagai kalangan baik itu dari organisasi kemasyarakatan maupun dari masyarakat awam.

Apalagi adanya terhendus kabar yang mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini pendeklarasiannya juga akan segera dilaksanakan. Lengkaplah sudah, suasana pun semakin memanas. Dan bukan tidak mungkin perkiraan gejolaknya pasti akan terjadi ditengah masyarakat.

Wacana pembentukan PKBM ini sebelumnya juga telah mendapat reaksi keras penolakan dari Walikota dan Wakil Walikota Batam, maupun dari sebagian organisasi kemasyarakatan yang ada di kota Batam.

Pro dan kontra itulah yang terjadi. Kini penolakan juga kembali datang dari seorang aktivis Lembaga Pemantau Penyelenggara Republik Indonesia (LPPN-RI) kota Batam, Jerry Macan. Kepada media ini ia menanggapi wacana PKMB tersebut v mengatakan, apapun ceritanya, Batam belum layak menjadi provinsi.

"Kalau menurut saya apapun ceritanya, Batam untuk saat ini belum layak menjadi provinsi, saya mewakili dari LPPN-RI kota Batam menyatakan sikap sangat tidak setuju dan menolaknya," kata Jerry Macan optimis menanggapi, Minggu (14/5/2017) malam.

Ketika ditanya lagi apa dari dasar penolakannya, Jerry mengatakan ucapnya, karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam belum mampu untuk itu.

"Alasannya karena PAD Batam belum mampu, belum lagi infrastruktur yang tidak mendukung, ditambah lagi banyaknya perusahaan yang tutup, jumlah penggangguran yang terus meningkat, Investor enggan datang karena dugaan adanya kepemimpinan dualisme di Batam yang tidak lagi sejalan. Birokrasi yang bertele-tele. Permasalahan banjir yang tidak terselesaikan dan masih banyak lagi permasalahan yang lainnya. Wacana itu boleh-boleh saja, namun untuk situasi kondisi Batam saat ini, itu belum bisa," ujar Jerry.

Sebelum mengakhiri, Jerry berharap pintanya, jangan membuat wacana atau isu-isu yang dapat membingungkan masyarakat.

" Harapannya kalau bisa kedepannya kita jangan lagi membuat wacana atau isu-isu yang dapat membingungkan masyarakat. Apalagi ini kesannya seperti wacana yang dipaksakan dari oleh kepentingan segelintir orang. Dengan itu mari kita jaga Batam ini agar selalu aman, tetap dalam situasi kondusif agar masyarakat tidak merasa was-was untuk melakukan aktifitasnya. Batam aman investor pasti datang, jangan lupa juga, mari bersama kita kawal proses jalannya pembangunan Batam ini." tandas Jerry Macan.

Setelah melihat serunya perdebatan wacana PKBM ini di media sosial ditambah lagi ada rencana pihak yang pro (Setuju) untuk melakukan pendeklarasiannya, diprediksikan jika deklarasi PKBM itu tetap terjadi, diduga Batam nantinya akan bergejolak.[Ag]

Editor : Agus Budi T