Wednesday, 17 May 2017

Gubernur Kepri Dr.Nurdin Basirun lepaskan 300 peserta Satgas 'KPK Kapal Pemuda Kepri tahun 2017'


KPK Kapal Pemuda Kepri tahun 2017
Sebelum diberangkatkan, Gubernur Kepulauan Riau, Dr.Nurdin Basirun memberikan pengarahan kepada 300 peserta pemuda-pemudi yang ikut tergabung dalam Satgas KPK Kapal Pemuda Kepri tahun 2017, Rabu (17/5/2017).

Tanjungpinang, Dinamika Kepri - Bertempat di Dermaga TNI AL Mentigi Tanjunguban Kabupaten Bintan, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Dr.Nurdin Basirun melepas sebanyak 300 pemuda-pemudi yang tergabung dalam Satgas "KPK Kapal Pemuda Kepri tahun 2017" menggunakan KRI Teluk Ende-517 Jenis LST Landing Ship Tank, Rabu (17/5/2017).

Menurut Gubernur Kepri, kegiatan pelayaran Kapal Pemuda Kepri tahun 2017 adalah untuk mendukung program pemerintah RI untuk mewujudkan Indonesia sebagai 'Poros Maritim Dunia' sesuai dengan visi pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau "Terwujudnya Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahterah, Berakhlak Mulia, Ramah lingkungan dan unggul di bidang Maritim".

Dikatakannya lagi, adapun maksud dan tujuan "Kapal Pemuda Kepri tahun 2017''  yakni sebagai pembinaan mental pemuda melalui peningkatan wawasan 4 pilar kebangsaan dan penguatan serta pengelolaan secara maksimal potensi kemaritiman dalam mewujudkan pemuda kepri sebagai garda pemuda Indonesia berporos maritim.

Selain itu, kepada seluruh peserta pelayaran, Gubernur juga berpesan, agar dapat mentaati aturan-aturan yang ada diatas Kapal Perang, karena semua aktifitas di kapal diatur agar para peserta secepatnya menyesuaikan diri dengan situasi di KRI,

" Taati segala aturan-aturannya, jika memang masih kurang memahami, tanyakan langsung kepada Danton masing-masing ataupun kepada ABK Kapal." kata Nurdin.

Pada akhir sambutanya, Gubernur  juga mengucapkan terima kasihnya kepada Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmatyo dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi karena telah membantu dan mendukung sarana KRI Teluk Ende-517 untuk digunakannya Kapal Pemuda Kepri tahun 2017 tersebut.

Tidak ketinggalan, sehari sebelum pemberangkatan seluruh peserta yang akan melaksanakan pelayaran datu persatu perserta juga diperiksa kesehatan masing-masing oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal IV Tanjungpinang tujuannya agar pelayaran itu nantinya dapat berjalan lancar dan aman.

Nantinya, adapun beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta pelayaran diatas KRI Teluk Ende 517 maupun di darat antara lain, yakni pada tanggal 18 Mei akan diadakan Seminar Bahari,Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Narkoba oleh BNN, Seminar Pemuda, Bhakti sosial pengobatan masal, Sunatan masal, Kerja bhakti, Cerama tentang radikalisme, Pemberian alat tulis dan buku-buku, pemberian alat tangkap ikan kepada nelayan yang ada disetiap daerah sasaran serta jamuan makan malam oleh pemda setempat.

Dan guna mendukung keberhasilan "KPK Kapal Pemuda Kepri tahun 2017" panitia juga melibatkan beberapa Dinas antara lain yakni dari Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Biro Umum Setda, Balai Tekkomdik-TV Kepri, TNI AL Dispotmar Lantamal IV, Dinas Kelautan dan Perikanan, BNN,Dinas Sosial, Korem 033/WP.

Tidak sampai disitu, teryata ada juga yang istimewa dalam kegiatan ini karena  pada tanggal 20 Mei 2017 nanti diadakan upacara Kebangkitan Nasional diatas KRI Teluk Ende-517 di Laut Natuna yang diikuti oleh segenap peserta dan juga akan disiarkan oleh media Cetak dan Elektronik yang mengikuti pelayaran.

Bertindak sebagai Koordinator Kadispora Kepri akan dipimpin oleh Mafrizon, sedangkan Dansatgas Kapal Pemuda Kepri tahun 2017 akan dipercayakan kepada Mayor Laut (P) Hasto dan jabatan sehari-harinya akan dikendalikan oleh Pabanops Staf Operasi Lantamal IV.(Ril)

Editor : Agus Budi T