Wednesday, 5 April 2017

Tim WFQR IV Lanal Batam Gagalkan Penyeludupan rokok 10.400 slop Non Cukai



Batam, Dinamika Kepri - Speed boat pembawa rokok non cukai dan ABK Kapalnya berhasil diamankan oleh Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Lanal Batam pada tanggal 3 April 2017 lalu di Jembatan 6 Barelang saat hendak mengeluarkan rokok tersebut dari Zona Batam.

Speed boat tanpa nama yang menggunakan mesin 200 PK berkecepatan 50 knot dengan muatan 10.400 slop rokok non cukai berhasil dibekuk diperairan Tanjung Cakang Pulau Galangpada malam hari, berikut Nakhoda dan tiga anak buah kapalnya.

Saat ekspose  Rabu, (5/4/2017) pagi, kepada media Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI, S. Irawan, S.E. mengataka bahwa dari hasil pemeriksaan tim WFQR, kapal bermuatan rokok non cukai ini berasal dari FTZ Batam, selanjutnya akan diseludupkan ke Pulau Kijang Jambi dan wilayah - wilayah lainnya.

"Dari hasil pemeriksaan tim WFQR tiga kapal bermuatan rokok ini tidak memiliki dokumen kapal dan dokumen muatan. Rokok tanpa cukai ini bertujuan ke Jambi dan wilayah lainnya," ucapnya.

Barang bukti kapal, rokok dan tiga anak buah kapal beserta nakhodanya kini berada di Mako Lanal Batam guna untuk dilakukannya penyelidikan lebih lanjut. Sementara rokok non cukai yang berhasil diamankan akan diserahkan ke Pabean Bea dan Cukai.

Lantamal IV TNI S. Irawan juga menambahkan, bahwa pemilik rokok non cukai tersebut adalah merupakan Warga Batam berinisial "H", namun masih kini sedang dalam pencarian.

"Pemilik rokok non cukai ini adalah asli warga Batam dengan inisial "H", kini sedang dalam pencarian." jelasnya.

Rokok tanpa cukai yang diamankan berjumlah 10.400 slop ini, dan diperkirakan telah mengakibatkan kerugian bagi perekonomian di Kepri dengan hingga mencapai satu miliar rupiah. (Ln)

Editor : Agus Budi T