Friday, 14 April 2017

PLN Bright Batam Sosialisasikan Penyesuaian TLB di Kepri Mall


Usai ikuti sosialisasi TLB,  Pelanggan mendapatkan bingkisan Dorprise dari Bright PLN Batam.


Batam, Dinamika Kepri - Guna menunjukkan rasa pedulinya terhadap masyarakat Batam, di Hall Indoor Kepri Mall, Bright PLN Batam Area  Cabang Batu Aji mengggelar sosialisasi dengan masyarakat mengenai penyesuaian Tarif Listrik Batam (TLB), Jumat (14/4/2017), dan bukan sampai di hari saja, acara sosialisasi kenaikan TLB ini juga akan masih berlanjut sampai hari 2 hari kedepan yakni sampai hari  Minggu 16 April 2017 ini.

Dalam sosialisasi TLB ini,  antusias masyarakat  animonya sangat tinggi. Terlihat ratusan masyarakat yang hadir saat itu, silih berganti datang memadati.

Dalam sosialisasi ini, Manager Area Bright PLN Cabang Batu Aji Batam, Arif Sumarna menjelasan mengapa tarif dasar listrik harus dinaikan.

Dia mengakui, mengenai kenaikan tarif dasar listrik yang sudah berlaku saat ini memang sedang menjadi polemik dikalangan masyarakat.

"PLN Bright Batam bukan menaikkan, tapi hanya melakukan penyesuaian tarif, karena selama ini tarif listrik rumah tangga di Batam selalu kita subsidi. Namun melihat harga bahan bakar terus meningkat maka dilakukanlah penyesuaian. Ini bertujuan untuk menyamakan dengan tarif dasar listrik (TDL) nasional itu saja." kata Manager Area Bright PLN Cabang Batu Aji  saat mensosialisasi TLB tersebut.

Baca juga : Tarif Listrik Batam Tahun 2017, Ini perinciannya

Setelah mendengarkan banyaknya penjelasan dan pemaparan dari Arif Sumarna, akhirnya sebagaian masyarakat yang hadir saat itu menunjukkan ekpresi wajah seperti sudah dapat memahaminya namun tidak memungkiri sebagian masih ada yang kurang memahaminya. Bahkan ada warga yang mengatakan bahwa penjelasan itu sangat masuk akal.

Usai sosialisasi itu dilakukan, sebelum warga yang mayoritas dari Batu Aji itu beranjak pulang, Arif Sumarna juga memberikan dorprise berupa payung cantik kepada mereka.

Selain itu, mereka (Masyarakat=red) yang hadir juga mengucapkan terimakasihnya kepada Bright PLN Batam karena sosialisasi yang dilakukan adalah suatu tindakan sigap tanggap dar PLN terhadap masyarakat.

Kata mereka, dengan adanya sosialisasi seperti itu, masyarakat bisa bertatapan lansung dengan Bright PLN Batam, ada rasa kepuasan, karena selama ini penjelasan kenaikan tentang TDL ini kurang memuaskan karena informasi yang mereka dapatkan hanya dari pemberitaan media saja, dengan adanya sosialisasi tersebut bisa saling tanya jawab.

Baca juga : CSR Bright PLN Batam Raih Penghargaan Dalam Ajang PR Indonesia Awards 2017

Kronologis kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebelumnya dilakukan yakni berdasarkan Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, Peraturan Gubernur No.21 tahun 2017 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan Oleh PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam.

Selain itu adanya surat petunjuk teknis Gubernur Kepri No.671.S3/20.01/LISTRIK/ESDM/III/2017 tentang Pemberlakuan Tarif Tenaga Listrik PT. PLN Batam dan dalam rangka kontiniutas layanan ketenagalistrikan PT. PLN Batam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat dalam jumlah yang cukup, bermutu dan handal. Tarif Listrik Batam tahun 2017 dinaikan juga sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nomor 21 Tahun 2017.[Ag]

Editor : Agus Budi T