Wednesday, 26 April 2017

Dalam pembelaannya, Tantimin.SH sebut terdakwa Hung Cheng Ning tidak bersalah

 
{[["☆","★"]]}

Hung cheng Ning
Hung Cheng Lee (baju merah) di borgol petugas pengadilan usai persidangan mendengarkan pembelaan dari kuasa hukumnya.
Batam, Dinamika Kepri - Sidang terhadap terdakwa Hung Cheng Ning alias Tony Lee Pria asal negara Taiwan dalam perkara narkoba jenis sabu seberat 26,740 kilogram yang sebelumnya ditangkap oleh petugas Bea dan Cukai (BC) Batam, di bandara Hang Nadim Batam pada 11 November 2016 lalu, digelar kembali di Pengadilan Negeri (PN) Batam dalam agenda untuk mendengarkan pembelaan terdakwa dari kuasa hukumnya, Tantimin SH,MH, Selasa (25/4/2017).

Dalam persidangan ini, Tantimin membacakan pembelaannya terhadap terdakwa. Kata dia terdakwa Hung Cheng Ning tidak bersalah dengan alasan tidak ada barang buktinya. Selain itu persidangan tersebut seharusnya dilakukan di pengadilan Tangerang Banten, bukan di Batam karena TKP tempat terdakwa tertangkap adalah di Tangerang.

Maka itu kepada Majelis Hakim, Tantimin SH,MH mengatakan bahwa terdakwa Hung Cheng Ning tidak bersalah dan minta segera agar terdakwa segera dibebaskan dan biaya perkaranya ditanggung oleh negara.

Mendengar pembelaan itu, majelis hakim yang dipimpin oleh Endi Nurida Putra, SH, MH mengatakan, tunggu pada sidang berikutnya, karena mereka harus memusawarahkannya dahulu.

Sebelum menutup persidangan ini, kepada jaksa penuntut umum (JPU), Hakim Endi Nurida juga bertanya,  kenapa Raden Novi Prawira jaya tidak pernah disidang lagi.

"Seingat saya mereka ini ada dua orang, kalau tak salah nama yang satunya Raden Novi, itu kemana, kenapa tidak pernah disidang? " tanya  Hakim Endi Nurida.

Lalu jawab Jaksa, katanya belum ada jadwalnya, mendengar jawaban itu, Hakim Endi Nurida lalu mengatakan, seluruh jadwal sidang sudah sebelumnya ditentukan oleh Pengadilan. setelah itu lalu persidangan diundur kembali pada minggu depan.

Foto keagamaan tempat penyimpanan narkoba, saat  diamankan petugas BC Bandara Hang Nadim Batam.

Usai persidangan kepada media, Tantimin SH,MH mengatakan bahwa terdakwa Hung Cheng Ning tidak bersalah dan harapnya terdakwa bisa segera dibebaskan.

Sama seperti apa yang dirasakan oleh Hakim Endi Nurida, pantuan para media juga demikianyaitu melihat yang sama sebab sudah berminggu-minggu ini, Raden Novi Prawira Jaya juga tidak pernah terlihat ikut lagi disidangkan, padahal perkaranya sama dengan terdakwa dengan Hung Cheng Ning.

Baca juga : BC Bandara Hang Nadim Batam berhasil gagalkan 26,740 kilogram sabu dari lukisan Bunda Maria

Pada tanggal 11 November 2016 sebelumnya telah BC Batam bandara Hang Nadim berhasil menggagalkan atau  menemukan narkoba jenis sabu sebanyak  26,740 kilogram yang disimpan di dalam lukisan Foto keagamaan (Bunda Maria =red) yang mana rencananya barang haram tersebut hendak dibawa melalui pesawat ke Jakarta dan mengamankan 2 orang diduga pelaku diantaranya satu warga negara indonesia bernama Raden Novi  dan satu WNA Taiwan bernama Hun Cheng  Ning tersebut.

Menurut pengakuan kedua pelaku seperti yang disampaikan petugas kepada media, barang tersebut dibawa dari asal Guang Zou China telah berhasil melewati bandara China dan Singapura.

Maka dari perbuatannya, Kapolda Kepri mengatakan saat itu, kedua pelaku tersebut akan dikenakan undang- undang narkotika dan psokotropika dengan ancaman  20 tahun penjara atau hukuman mati.(Ril)

Editor : Agus Budi T