Monday, 13 March 2017

Sidang lanjutan 2 terdakwa oknum wartawan, Saksi : Saya sudah diperintahkan dari jauh hari


Batam, Dinamika Kepri - Sidang lanjutan terhadap 2  terdakwa oknum wartawan salah satu media online di Baram, Fino Siburian dan Sugiarto Aritonang, hari ini Senin,(13/3/2017) digelar kembali di Pengadilan Negeri (PN) Batam, guna mendengarkan kesaksian dari pihak penangkap dari Tim Siber Pungli Polda Kepri.
 
Pada sidang sebelumnya yakni hari Senin yang lalu, kesaksian dari korban pemilik hotel Vanila, Penuin Nagoya.Batam,  Amat Tantoso atau yang santer disebut pemilik Hotel Kuning, sudah memberikan kesksiannnya,

Pada sidang ini, saksi penyidik yang bertugas di Intelkam Polda Kepri, Brigadir Suhaimi memberikan keterangannya. Kepada Hakim ia mengatakan bahwa sebelum melakukan penangkapan terhadap kedua terdakwa di kedai kopi Empang, Batam Center itu, dirinya mendapatkan perintah dari Kasubdit Polda Kepri, AKBP Ucok Klasdin Silalahi, ia ditugaskan untuk melakukan penangkapan terhadap kedua terdakwa yang diduga melakukan pemerasan.

Dalam persidangan bahkan saksi Suhaimi  juga mengakui bahwa dirinya sudah mendapat surat perintah penangkapan dari jauh-jauh hari sebelum penangkapan itu dilakukannya.

"Saya disuruh oleh Kasubdit untuk terjun kelapangan, yakni bertempat di kedai kopi Empang. Kalau surat perintah penangkapannya, saya sudah terima itu dari jauh hari sebelum dilakukannnya penangkapan, tetapi bukan untuk kedua terdakwa melainkan surat perintah untuk umum," kata Brigadir Suhaimi

Namun ketika Penasehat Hukum kedua terdakwa, Roy Wright.SH bertanya kepada saksi, apakah surat perintah itu ditujukan untuk menangkap kedua terdakwa, saksi menjawab "Tidak"

Setelah Brigadir Suhaimi usai memberikan kesaksiannya, Saksi kedua yakni Brigadir Sandi yang juga bertugas di Intelkam PoldaKepri, juga memberikan kesaksiannya, namun keterangannya berbeda dengan saksi Brigadir Suhaimi.

Sandi mengatakan kalau uang yang mereka dari kedua terdakwa itu, dia dapatkan didalam tas Sugiarto, sementara keterangan saksi Brigadir Suhaimi, uang tersebut didapatinya dalam kantong terdakwa Sugiarto.

Lalu seusai mendengarkan keterangan dari kedua saksi, ketua majelis hakim Syahrial Harahap.SH kembali menunda persidangan hingga ke Minggu depan, yakni pafa dari Senin tanggal 20 Maret2017 mendatang  untuk sidang pemeriksaan terhadap kedua terdakwa. (Ag)

Editor : Agus Budi T