Thursday, 2 March 2017

Kapolda Kepri tandatangani fakta integritas penerimaan Sekolah Inspektur Polisi

 


Batam, Dinamika Kepri -Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigusdian, MH, Kamis (2/3/207) sekitar pukul 10 : 00 Wib pagi, di Gedung Serba Guna Polda Kepri melakukan penandatanganan fakta integritas penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana Tahun 2017.

Selain Kapolda Kepri acara ini juga di hadiri oleh Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Para Pejabat utama Polda Kepri, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Prov Kepri, Kadis Perindag dan ESDM Kota Batam, Kadis Pendidikan Kota Batam, Kadisdukcapil Kota Batam, Rektor Uniba, Ketua IDI cabang Kepri, Ketua Himpunan Psikologi Batam, Ketua Lsm FKPM Kepri serta para hadirin dan orang tua peserta.

Dalam Amanat Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, MH  menyampaikan pada tahun 2017 ini  penerimaan Sekolah  Inspektur Polisi Sumber Sarjana dilaksanakan pendaftaran secara On Line maupun verifikasi sampai dengan waktu seleksi yang singkat dan pelaksanaan pendidikan pembentukan bertempat di Pusat Pendidikan Akpol Semarang, Jawa Tengah. Dimana ketika dilantik menjadi Perwira Polri.

Oleh karenanya Kapolda mengharapkan agar prinsip “Bersih, Obyektif, Transparan, Akuntabel dan Kualitas”, serta anti KKN, clear and clean dalam pelaksanaan  rekrutmeniniyang telah digariskan oleh mabes polri agarselalu dipedomani dalam setiap tahapan seleksi.

Guna menjamin pelaksanaan prinsip tersebut, Polda Kepulauan Riau telah mengimplementasikan salah satunya telah melakukan kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam rangka mengawal dan mengawasi pelaksanaan rekrutmen di Polda Kepri pada tahun 2017 ini melalui Mou dengan 8 (delapan) instansi yaitu :

  • Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepri
  • Dinas Perindag dan Esdm Kota Batam,
  • Dinas Pendidikan Kota Batam,
  • Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam,
  • Universitas Batam,
  • Ikatan Dokter Indonesia cabang Kepri,
  • Himpunan Psikologi Batam,
  • LSM FKPM Kepri.

Guna menjamin pelaksanaan Rekrutmen yang Bersih dan Transparan, selain itu Kapolda juga ingatkan dalam pelaksanaan rekrutmen, Mabes Polri telah bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna turut mengawasi pelaksanaan Rekutmen Anggota Polri , sehingga tidak menutup kemungkinan pihak KPK akan malaksanakan audit pelaksanaan Rekrutmen sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana TA. 2017 ini di Polda Kepri.

Dengan mempedomani dan mengimplementasikan  prinsip “Betah” dalam setiap tahapan seleksi rekrutmen dan didukung oleh adanya pengawasan secara melekat baik dari pengawas internal maupun eksternal diharapkan akan mampu menutup kemungkinan adanya  celah-celah KKN, sehingga out put yang dihasilkan dalam seleksi penerimaan anggota Polri TA. 2017 ini adalah para calon Polri yang memiliki kualitas dan kompetensi sebagaimana yang telah ditetapkan.

Dua hal yang menjadi perhatian dan penekanan Kapolda :

Pertama, bagi seluruh Anggota/PNS Polda Kepri Kapolda tekankan untuk mendukung terselenggaranya rekrutmen Sekolah  Inspektur Polisi Sumber Sarjana TA. 2017 ini secara Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis. Hindari perbuatan-perbuatan yang dapat mencoreng nama baik Polri khususnya Polda Kepri dengan memanfaatkan dan mencari kesempatan guna kepentingan pribadi dalam kegiatan rekrutmen ini.

Kedua, bagi para orang tua/ wali calon, hindari segala bentuk KKN, pupuk serta tumbuhkan kepercayaan bahwa pelaksanaan proses rekrutmen terpadu ini akan dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis sehingga akan mampu menepis pihak-pihak yang akan memanfaatkan guna kepentingan pribadinya, pesan Kapolda Kepri. (Ril)

Editor : Agus Budi T