Wednesday, 15 March 2017

Bidang kehumasan, Polda Kepri raih peringkat pertama Se-Indonesia

 
{[["☆","★"]]}

Dengan Piagam, Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M Tito Karnavian melakukan foto bersama dengan Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Drs.S. Erlangga.

Jakarta, Dinamika Kepri- Dalam Bidang Kehumasan (Bidhumas) Polda Kepri, meraih penghargaan peringkat dari Kapolri. Acara pemberian penghargaan ini berlangsung dan bertempat di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu, (15/3/2017) pada pukul 08.00 Wib pagi.

Kegiatan Rakernis Humas Polri T.A 2017 dengan Tema “Penguatan manajemen media dalam rangka meningkatkan reputasi Polri guna menujudkan Polri yang Promoter”.

Acara ini juga di hadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M Tito Karnavian, M.A., Ph.D, Wakapolri, Irwasum Polri, Kadiv Humas Polri, Para Pejabat Utama Mabes Polri, Para tokoh dan Insan Media, Pimred media cetak dan elektronik, Para Kabid Humas jajaran Polda se-Indonesia, Para Kasubbid Penmas jajaran Polda se-Indonesia, para PPID Satker Mabes Polri.

Kegiatan Rakernis tersebut diawali dengan Sambutan Oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH menyampaikan pelaksanaan Rakernis Humas Polri T.A 2017 ini akan berlanjut sampai dengan hari Jumat.

Pembukaan akan dilaksanakn di Rupatama Mabes Polri oleh Kapolri, dan untuk dua hari akan dilaksanakan di Sespimpol Lembang diikuti oleh peserta dilingkungan Kehumasan Polri Seluruh Indonesia yang total berjumlah sebanyak 127 orang peserta terdiri dari para Kabid Humas 33 Orang, Kasubbid Penmas 33 Orang, PPID Satker dilingkungan Mabes Polri 35 Orang, dan Personil Internal Divisi Humas Polri 26 Orang, serta beberapa Narasumber Eksternal.

Divisi Humas Polri menyampaikna terima kasih atas kebijakan Bapak Kapolri, bahw dalam Commander Wish yang di sampaikan oleh Kapolri pada tanggal 23 Juli 2016 telah menetapkan “Manajemen Media” sebagai kebijakan Kapolri yang ke-5.

Hal ini berdampak cukup besar kepada Divisi Humas dan yang tentu nya dapat memberikan sebuah pemahaman juga kepada jajaran/Satwil bahwa pekerjaan Humas ini tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pengemban fungsi Kehumasan tetapi juga dengan tentu dengan kondisi demikian maka hal ini juga menjadi atensi Para Kapolda, Kapolres untuk langsung sebagai pelaksana fungsi kehumasan yang kemungkinan selama ini lebih di bebankan kepada Pejabat-Pejabat Kehumasan di Daerah.

Kebijakan Kapolri terhadap “Manajemen Media” telah melahirkan juga perkembangan lingkungan strategi di Polri sendiri dengan lahir nya Biro Multimedia.

Dari tahun 2016 hingga tahhun 2017 Divisi Humas telah mengeluarkan 6 strategi kehumasan yang pada tahun 2016 telah dikembangkan 5 Strategi Kehumasan dan pada tahun 2017 telah di tambah 1 strategi lagi hingga menjadi “6 Strategi Kehumasan” yakni sebagai berikut :

  1. Partnership dengan media massa.
  2. Membangun sarana prasarana yang berbasiskan teknologi informasi.
  3. Peningkatan Kapasitas / Capacity Building.
  4. Membuka ruang komunikasi dengan seluruh element Masyarakat.
  5. Agent Kehumasan / menetapkan setiap anggota Polri sebagai Agent Kehumasan.
  6. Melakukan pemolisian Media Sosial / Sosial Media Police
Adapun Harapan-harapan yang disampaikan Kadivhumas kepada Bapak Kapolri untuk Menjadikan program “Manajement Media” menjadi Program Utama Polri.

Saat ini Bidhumas dijajaran Polda saat ini belum menjadi Satker di harap untuk kedepannya dengan masuk nya Manajement Media ini yang menjadi kebijakan bapak Kapolri tidak berlebihan pada saat ini mohon diupayakan agar kirannya Bid Humas menjadi Satker sendiri untuk menghadapi besarnya tantangan yang dihadapi kedepannya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Pembukaan Rakernis Humas Polri T.A 2017 dan Sambutan Oleh Kapolri.

Pada kesempatan tersebut Kapolri sekaligus memberikan Piagam Penghargaan kepada 10 (sepuluh) Bid Humas Polda yang berprestasi diantara nya adalah :
  1. Bidhumas Polda Kepri.
  2. Bidhumas Polda Metro Jaya.
  3. Bidhumas Polda Jateng.
  4. Bidhumas Polda Kaltim.
  5. Bidhumas Polda Papua.
  6. Bidhumas Sulsel.
  7. Bidhumas Polda Jambi.
  8. Bidhumas Polda Kepri Banten.
  9. Bidhumas Polda Sultra.
  10. Bidhumas Maluku.
Ditambahkan oleh Kabidhumas Polda Kepri, saat dihubungi melalui via telephonenya Kombes Pol Drs. S. Erlangga menyapaikan bahwa “Parameter penilaian yang dicapai oleh Bid Humas Polda Kepri adalah karena keaktifan dalam Diseminasi di media Mainstream, Media Sosial, aktif dalam pelaporan dan tepat waktu dalam memberikan laporan serta membuat Inovasi”.

Kabid humas Polda Kepri juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kapolda Kepri, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri atas dukungan, bimbingan dan arahan, kepada para pejabat utama Polda kepri atas bantuan serta kerjasama yang baik selama ini, dan kepada seluruh Personil Bidhumas Polda Kepri atas Kinerja, dedikasi dan Loyalitas dalam melaksanakan tugas serta kepada seluruh insan Media atas kerja sama yang baik selama ini.(Ril)

Editor : Agus Budi T