Thursday, 2 February 2017

HKI Coffee Morning bersama BP Batam, Oka Simatupang : Saya kecewa



Batam, Dinamika Kepri - Pengelola Kawasan Industri di Pulau Batam,  dari Himpunan Kawasan Industri (HKI) Oka Simatupang, Kamis, (2/2/2017) pagi mengadakan temu Cofe Morning bersama BP Batam dan para awak media di ruang Bida Marketing BP Batam.

Dalam  pertemuan tersebut, Oka mengatakan bahwa saat ini sudah banyak lokasi kawasan yang diajukan untuk mendapatkan kemudahan dari program 123J dari BP Batam, namun hanya 2 kawasan yang lulus verifikasinya.

 "Saya kecewa, tapi memang harus begitu agar perusahaan yang menerima program tersebut bisa di tawarkan ke luar," kata Oka.

Selain itu ia juga berharap agar semua kawasan industri yang iumlahnya sekitar 24 kawasan di Batam bisa mendapatkan kemudahan, namun harus sesuai kriteria.

Oka juga mencontohkan katanya saat ini ada kawasan yang meminta kemudahan program i23J dan klik sangat banyak, namun diantaran ada yang tidak memiliki lahan yang mencukupi.

Kata dia lagi, itu percuma karena tidak ada manfaatnya. Dengan adanya program kemudahan izin baru program Kilk saat ini, kita  harus berusaha agar dapat bersaing, agar juga dapat bersaing keluar negeri.

"Maka itu jangan salah diartikan, dalam hal ini tidak ada pilih-pilih," kata Oka.

Selain itu dia juga membeberkan, katanya dari 24 kawasan industri ada saat ini, sebanyak 7 kawasan yang terverifikasi, namun yang lulus hanya ada 4. Sedangkan 3 kawasan yang tidak lulus tersebut,  adalah Latrade karena masa berlaku habis. Sedangkan Kawasan Tunas dan eksekutif, saat ini belum ada izin Analisa Dampak Lingkungan (Amdal).

Mendengar itu, Gusmardi Bustami selaku Anggota 5 Deputi Bidang Pelayanan Umum Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam mengatakan, kawasan yang mendapatkan kemudahan program i23J, harus memiliki kriteria-kriteria dengan meliputi, kawasan  harus memiliki manajemen, memiliki luas lahan cukup, termasuk juga sudah mempunyai izin Amdal serta persyaratan legalitas kawasan lainnya.

Mengenai hal itu, agar lebih jelas tambah Gusmardi mengatakan, Besok, Jumat (3/2/2017) BP Batam akan menggelar grand launching Klik di Batamindo, Muka Kuning, dihadiri oleh BKPM dan Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tjahjo Kumolo.(*)

Editor : Agus Budi T