Sunday, 15 January 2017

Lima hal ponsel Pixel dan Pixel XL Google dapat melakukan yang tidak mampu dilakukan iPhone

 

Gambar Dok BY : pocket-lint.com.
Dinamika Kepri- Ini Lima hal ponsel Pixel Google dapat melakukannya yang tidak bisa dilakukan iPhone pada umumnya.

Google pertama yang pernah smartphone adalah Pixel Google dan Pixel XL, adalah ponsel yang terbaik sehingga mampu pergi head-to-head dengan banyak fitur iPhone.

Dikutip dari mainhape.com Pixel memungkin menjadi ponsel yang lebih baik di dunia. Berikut adalah 5 alasannya mengapa disebut yang terbaik.

Pixel dan Pixel XL memiliki spesifikasi serupa dan hanya dibedakan oleh ukuran dan resolusi layarnya saja. Pixel menggunakan layar berukuran 5 inci dengan resolusi 1080p, sedangkan Pixel XL memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Quad HD.

Dua-duanya menggunakan layar berjenis AMOLED. Bodi dari kedua ponsel ini terbuat dari aluminium dengan kaca dibagian belakang yang mengelilingi kamera utama, lampu kilat, dan pemindai sidik jari.

Untuk urusan dapur pacu, Pixel dan Pixel XL membawa spesifikasi hardware kelas atas masa kini. Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821 dengan prosesor quad core yang terdiri dari dua inti berjalan pada kecepatan 2,15 GHz dan dua inti lainnya berjalan pada kecepatan 1,6 GHz. Prosesor tersebut ditemani oleh pengolah grafis Adreno 530 dan RAM berjenis LPDDR4 sebesar 4 GB. Keduanya juga tersedia dalam dua pilihan internal storage, yakni 32 dan 128 GB.

Baterai berdaya 2770 mAh (Pixel) dan 3450 mAh (Pixel XL) siap menemani pengguna untuk beraktivitas seharian penuh. Bahkan, pengguna cukup melakukan pengisian daya dalam waktu 15 menit untuk memberikan daya tahan baterai perangkat ini hingga 7 jam.

Selain spesifikasi fisik, ada lima hal yang ditekankan oleh Rick Osterloh, Hardware Chief Google, yang terdapat pada kedua ponsel Pixel ini. Antara lain:

Google Assistant.
Pixel dan Pixel XL adalah ponsel pertama yang memiliki Google Assistant yang sudah tertanam. Ketika pengguna menyentuh dan menahan tombol Home, atau mengatakan sebuah kata kunci, Assistant akan langsung bereaksi terhadap panggilan pengguna tersebut. Pada acara demo yang dilakukan oleh Google kemarin, Assistant digunakan untuk membuka foto dari waktu atau tempat tertentu di masa lalu, dan juga bisa memutar musik yang diinginkan menggunakan pemutar musik favorit.

Kamera kelas flagship.
Pada deretan ponsel Nexus sebelum 5x dan 6P, kamera bukanlah hal yang diperhatikan oleh Google. Perangkat seperti Nexus 4 dan 5 memiliki kamera yang bisa dibilang tidak bagus-bagus amat. Namun sepertinya perusahaan yang bermarkas di Mountain View tersebut mulai menjadikan kamera sebagai sahal satu fitur penting yang ada pada sebuah smartphone. Hal ini terbukti dari kamera utama Pixel dan Pixel XL yang menduduki posisi paling atas pada peringkat kualitas kamera ponsel di DxOMark.

Keduanya mencetak skor 89, melewati ponsel populer seperti Samsung Galaxy S7 (88) dan iPhone 7 (86). Kamera utama Pixel memiliki resolusi 12,3 megapiksel dengan ukuran piksel besar, yakni 1,55 micron dan aperture f/2.0. Google mengkalim bahwa kamera yang terdapat pada piksel memiliki waktu tangkap yang paling cepat. Meskipun tidak memiliki optical image stabilization, namun Pixel dibekali dengan metode stabilisasi video berdasarkan gyroscope yang muktahir.

Cloud storage tanpa batas.
Google memberikan cloud storage tanpa batasan kapasitas untuk foto dan video yang direkam menggunakan perangkat Pixel. Bahkan, foto dan video yang diunggah ke Google Photos tidak akan mendapatkan batas ukuran dan kompresi, termasuk video yang direkam dalam resolusi 4K. Dengan hal ini, pengguna tidak perlu khawatir meskipun tidak ada slot ekspansi microSD pada kedua ponsel Pixel.

Konektivitas dan komunikasi yang lengkap.
Pengguna Pixel tidak perlu khawatir mengenai kelengkapan konektivitas, kedua perangkat Pixel sudah mendukung 4G LTE, WiFi 802.11 dual-band, dan Bluetooth v4.2. Google Allo dan Duo, aplikasi untuk mengirim pesan dan panggilan video buatan Google juga sudah tersedia pada saat ponsel ini dinyalakan untuk pertama kalinya. Untuk urusan update software, Pixel akan mendapatkan update pertama langsung dari Google ketika update tersebut sudah tersedia.

Dibuat untuk pengalaman virtual reality mobile yang lebih menakjubkan.
Pixel merupakan ponsel pertama yang kompatibel dengan fitur Daydream. Untuk dapat mengakomodir fitur tersebut, Google juga menjual sebuah headset Daydream View yang bisa dibeli seharga US$ 79. Daydream View dijual dengan sebuah motion controller kecil yang sangat presisi. Bahkan pengguna dapat menggambar dengan menggunakan controller tersebut.

Untuk urusan harga, kali ini Google melakukan pendekatan yang berbeda. Jika seri Nexus sebelumnya dibanderol dengan harga yang terjangkau, tidak dengan Pixel dan Pixel XL. Keduanya memiliki harga yang bisa dibilang mirip dengan ponsel high end lainnya.

Pixel sendiri dijual seharga US$ 649 untuk varian 32 GB dan US$ 749 untuk varian 128 GB. Sedangkan Pixel XL dijual seharga US$ 769 untuk varian 32 GB dan US$ 869 untuk varian 128 GB.

Dengan lima keunggulan tersebut, apakah Pixel dan Pixel XL akan bisa menandingi, atau bahkan mengungguli pasar ponsel pintar kelas atas yang selama ini didominasi oleh seri Galaxy S dan iPhone? berika komentar anda. [*]

Editor : Agus Budi T