Thursday, 29 December 2016

Terobosan Baru, Teknologi Toyota Akan Membantu Anda Parkir

 

Logo Toyoya
Dinamika Kepri - Produsen mobil dunia berlomba, menciptakan mobil masa depan yang dapat melaju tanpa kendali manusia atau yang dikenal otonom. Namun Toyota berbeda. Produsen mobil terbesar di dunia ini menciptakan teknologi yang diberi nama Intelligent Clearance Sonar (ICS).

Teknologi anyar Toyota ini mampu mendeteksi potensi kecelakaan kecil yang sering terjadi saat memarkir kendaraan, khususnya yang bertransmisi otomatis. Atau, teknologi ini juga dapat membantu mengurangi dampak kecelakaan tertabrak dari belakang yang kerap terjadi saat dalam antrian.

Terdengar sepele, ya? Tapi Anda juga pasti sebal kalau mobil rusak hanya gara2 parkir. Dan Toyota memikirkan hal ini dengan serius, dan bukan hanya untuk mengurangi rasa sebal yang kerap menimpa para pengendara.

Teknologi ICS merupakan sensor sonar yang dikombinasikan dengan sistem yang mengaplikasikan gas, transmisi dan rem. Sensor bekerja dan memberikan sinyal untuk mendeteksi halangan di depan bila terjadi akselerasi mendadak saat mobil mulai berjalan. Sistem kemudian mengontrol mobil agar mengurangi resiko tabrakan.

Dalam pengembangan teknologi ICS, Toyota melibatkan 63 ribu kendaraan model Alphard, Vellfire dan Prius buatan tahun 2015 di Jepang. Sekitar 26 ribu diantaranya disematkan tambahan teknologi sonar cerdas ciptaan Toyota yang mampu membuat mobil melakukan pengereman secara otomatis dan mendeteksi saat akan terjadi benturan.

Sensor berbasis perangkat lunak (software) yang terpasang pada ketiga model tadi memiliki kemampuan untuk memantulkan gelombang sonar secara luas ke berbagai arah.

Hasilnya, alat tersebut dapat mengurangi 70 persen kecelakaan kecil yang kerap terjadi, yang dikarenakan pedal gas terinjak secara tidak sengaja, atau tiba-tiba. Bahkan mengurangi 40 persen kecelakaan yang terjadi saat parkir. Malahan akselerator mobil secara otomatis terkunci meski pengemudi masih menginjak pedal gas. Survei yang dilakukan Toyota ini telah dilakukan sejak Januari 2015 hingga Juni 2016.

Kehadiran teknologi ICS yang dikembangkan Toyota tentu ditunggu. Pasalnya, dengan kehadiran ICS, kerusakan yang kerap terjadi pada bagian mobil saat parkir bisa dihindari.

Penggunaan sensor parkir yang terintegrasi dengan sistem penggerak mobil ini adalah bagian kecil dari program besar yang diselenggarakan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Semoga saja mereka bisa segera mengimplementasikannya lebih luas.

Source : oto.com