Monday, 14 November 2016

Polda Kepri peringati HUT ke 71 Korp Brimob Polri

 
{[["☆","★"]]}

Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian,MH
Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian,MH

Batam, Dinamika Kepri - Upacara Memperingatan HUT ke 71 Korp Brimob Polri, hari ini Senin (14/11/2016) dilaksanakan di Lapangan Mako Sat Brimob Polda Kepri, Tembesi Batam sekira pukul 07.00 Wib, dipimpin oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian,MH. 

Acara ini juga di hadiri oleh Gubernur Kepri, Ketua DPRD Kepri, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepri, Para pejabat dan Komandan Satuan TNI, Para sesepuh, Purnawirawan dan Warakawuri Korp Brimob Polri, Para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS pada Korp Brimob.

Dalam Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D yang dibacakan oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian MH, menyampaikan Lahir, tumbuh, dan berkembangnya Korps Brimob Polri tidak akan pernah lepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Kesatuan Polisi istimewa yang menjadi cikal bakal Korps Brimob Polri, telah memainkan peran penting dalam berbagai kancah perjuangan bangsa saat itu, baik dalam merebut maupun mempertahankan kemerdekaan.


Kiprah jajaran Korps Brimob terus berlanjut hingga saat ini, seiring dengan perjalanan Polri. Berbagai prestasi membanggakan telah mampu diraih di tengah keterbatasan yang ada, antara lain dalam penanganan kelompok bersenjata/separatis, unjuk rasa anarkis, radikalisme dan terorisme, bencana alam serta konflik sosial, maupun dengan ikut menjaga perdamaian dunia di bawah bendera Perserikatan Bangsa- bangsa.

Salah satu dampak dari perkembangan yang terjadi adalah munculnya beragam potensi gangguan dan kejahatan di tengah-tengah masyarakat. Ragam kejahatan berdimensi baru disertai dengan perubahan pola, modus dan model serta luasnya jaringan yang terlibat, merupakan tantangan nyata bagi Polri sebagai Institusi yang menangani permasalahan keamanan.

Menyikapi hal tersebut, Eksistensi Korps Brimob Polri yang berperan dalam menangani kejahatan berintensitas tinggi dan berimplikasi kontinjensi adalah mutlak diperlukan. Hal ini mengingat, Satuan Brimob memiliki berbagai keterampilan khas yang tidak dipunyai oleh fungsi kepolisian lainnya.

Oleh karenanya, Brimob Polri diharapkan dapat selalu ada dan siap untuk bertugas dengan baik dan Profesional, demi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat Indonesia dimanapun berada.



Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Korps Brimob Polri tahun 2016 ini, mengambil tema “Semangat kerja nyata untuk mewujudkan insan Brimob Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya”.

Tema ini merupakan wujud kesiapan Satuan Brimob untuk senantiasa hadir bagi rakyat, memberikan pengabdian dan loyalitas dimanapun medan penugasan yang diberikan. saya berpesan untuk selalu meningkatkan kemampuan, keterampilan dan menjaga semangat serta loyalitas kepada negara.

Jaga selalu kekompakan di internal Korps Brimob, termasuk dengan instansi lainnya seperti TNI, sehingga kita semua akan dapat mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini. Kedepan Brimob Polri diharapkan pula dapat mempertajam kemampuan Intelijen Brimob guna mendukung pelaksanaan tugas dilapangan.

Kemampuan ini, harus menjadi bagian dari keterampilan khas Brimob yang tidak kalah dengan keterampilan lainnya seperti Wanteror, PHH Polri, Jihandak, GAG, dan sebagainya.

Pegang teguh Motto Pembinaan “Tiada hari tanpa latihan”, motto operasional “Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasi l”, dan motto pengabdian “Jiwa ragaku demi kemanusiaan”. Dengan berpegangan pada motto tersebut, saya yakin Brimob Polri sebagai satuan elite Polri, akan selalu mampu memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara Indonesia.

Apresiasi dan penghargaan kepada seluruh Personel Brimob yang dengan penuh keikhlasan dan loyalitas, bekerja dengan sebaik – baiknya guna mengharumkan dan mengangkat Citra Polri dimata masyarakat.

Pada berbagai tugas operasi yang diberikan, Brimob Polri mampu untuk menjalankan dan menyelesaikan penugasan dengan baik. Salah satunya adalah keberhasilan dalam Operasi Tinombala yang diemban oleh Brimob Polri.

Sekali lagi saya tegaskan, bahwa Korps Brimob Polri adalah Satuan Kebanggaan Milik Polri. Pertahankan dan tingkatkan terus segala prestasi yang telah diukir di berbagai medan penugasan. Demikian dibacakan Kapolda Kepri   dari Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. M. Tito Karnavian, kepada seluruh Personel Brimob Polri yang bertugas di Polda Kepri. [Ril]

Editor: Agus Budi T