Friday, 11 November 2016

Buruh Batam demo, Suprapto : Dewan pengupahan jangan jadi penjilat

 
{[["☆","★"]]}

Batam, Dinamika Kepri - Kembali demo, setelah melakukan demo ke kantor Walikota Batam pada hari Rabu (9/11/2016) lalu, hari ini Jumat (11/11/2016) para buruh FSPMI dan SPSI kembali melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Batam.

Tuntutan sama yakni Tolak PP 78 Tahun 2015 karena PP tersebut menurut mereka, tidak berpihak kepada buruh baik dalam menentukan Upah Minimum kota (UMK) dan Upah Minimum Sektoral (UMS) di Kota Batam.

Selain itu ada 4 Tuntutan yang sebelumnya diorasikan di aksi demo di kantor Walikota yakni :

  1. Menolak PP 78, untuk di buat menjadi dasar penetapan UMK dan UMS
  2. Meminta Wali Kota agar segera memerintahkan Disnaker untuk membahas UMK dan UMS 2017
  3. Meminta WaliKota Batam, agar segera memerintahkan Disnaker menetapkan UMK dan UMS tahun 2017 
  4. Meminta data distributor barang yang ada di Batam.
Pada demo di Kantor disnaker ini, tuntutan tersebut tidak diorasikan lagi. Namun dalam orasinya, Panglima Garda Metal, Suprapto meneriakan agar dewan pengupahan Batam dapat menolak PP 78 Tahun 2015 dan juga jangan menjilat.

" Bagi para dewan pengupahan, kiranya juga ikut menolak PP 78, janganlah engkau jadi penjilat. Hidup buruh," teriak Suprapto dalam orasinya.

Saat ini para pendemo mulai meninggalkan sekitar kantor Disnaker, namun bukan untuk pulang melainkan hanya untuk mencari makan siang, sebahagian lagi ada yang pergi Jumatan.

Kata orasi, " Bagi yang mau makan siang dan hendak ibadah, silakan tapi setelah itu, ingat jangan pulang, kita kumpul disini lagi."

Dan yang paling ekstrem lagi, seorang orator yang menggantikan Suprapto menyebutkan, jika tututan mereka hari ini tidak dikabulkan, maka pada tanggal 25 bulan ini, mereka akan kembali berdemo dan akan melibatkan para ulama, katanya agar sekalian hancur negara ini.

" Dua hari lalu saya dari Jakarta, para ulama mendukung PP 78 tahun 2015 di cabut di Batam. Dan jika hari ini demo kita tidak ditanggapi pemerintah kota Batam, maka pada tanggal 25 ini, kita akan berdemo lagi, dan mengikutkan para ulama, biar hancur sekalian negara ini, siap kawan-kawan!!, siap..siap?" teriak orasi.

Mendengar itu, para buruh menjawab dengan semangat, siap, siap!! (Ag)

Editor : Agus Budi T