Thursday, 13 October 2016

Polda Kepri bersama Jajarannya Gelar Kegiatan Bakti Kesehatan Masyarakat

Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, saat menyampaikan kata sambutan.
Batam, Dinamika Kepri -  Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, bersama dengan Wakapolda Kepri, Para pejabat utama Polda Kepri lainnya, melakukan kegiatan sosial bhakti kesehatan, bersama Ketua Bhayangkari Daerah Kepulauan Riau, Ketua HKI Provinsi Kepulauan Riau, Pimpinan PT. Batamindo, di MPH Community Center Batamindo, Muka Kuning Batam, Kamis (13/10/2016) pagi pada pukul 08.30 Wib.

Sebelum acara bhakti dimulai, Dalam sambutannya, Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, kepada semua yang hadir menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah Salah satu wujud kepedulian terhadap sesama di dalam rangka mengimplementasikan Commander Wish Kapolri khususnya pada poin peningkatan kepercayaan publik (Public Trust) serta pelayanan kepada masyarakat, maka Polda Kepri mengadakan kegiatan Bakti Kesehatan.


Kegiatan Bakti Kesehatan ini dapat terselenggara atas kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak, serta dalam rangka hari kesatuan gerak Bhayangkari ke-64.

Adapun Rangkaian kegiatan bakti kesehatan ini yakni terdiri dari pengobatan umum, pengobatan gigi dan pencabutan gigi untuk anak, sunatan massal, donor darah, pemeriksaan laboratorium sederhana, penyuluhan bahaya narkoba, dan hiburan, tanpa terkecuali dan tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk peserta sunatan massal adalah anak-anak dari seluruh Batam yang sudah didata melalui Bhabinkamtibmas.

Sunat / khitan diketahui banyak memberi manfaat, selain merupakan suatu kewajiban bagi agama, juga banyak manfaatnya bagi kesehatan diantaranya menjaga kebersihan, mencegah infeksi, mencegah penyakit menular, mencegah inflamasi dan mencegah kanker.

Dalam bakti kesehatan ini juga diadakan kegiatan Donor Darah bagi personel Polda Kepri dan Masyarakat umum yang memenuhi syarat sebagai pendonor.

Donor darah adalah proses dimana penyumbang darah secara sukarela diambil darahnya sebanyak ± 250 s/d 300 ml, untuk disimpan di Bank Darah, dan sewaktu-waktu dapat dipakai untuk menolong orang lain yang membutuhkan sesuai dengan jenis golongan darahnya.

Manfaat donor darah bagi pendonor sendiri sangat banyak, antara lain:


  1. Menjaga kesehatan jantung,donor darah akan menstabilkan kadar zat besi dalam darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.
  2. Meningkatkan produksi sel darah merah,kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali mendonorkan darah.
  3. Membantu penurunan berat badan,donor darah membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh.
  4. Mendapatkan kesehatan rohani,menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan batin dan menjadi amal ibadah bagi yang bersangkutan.
Selanjutnya adalah pemeriksaan Lab sederhana terdiri dari pemeriksaan kolesterol, asam urat dan gula darah.

Kegiatan Bakti Kesehatan kali ini Polda Kepri juga bekerja sama dengan BNN Kota Batam untuk mengadakan penyuluhan dan sosialisasi akan bahaya narkoba. Sebagaimana kita tahu bahwa Propinsi Kepri sudah ditetapkan sebagai Daerah Darurat Narkoba.

Banyaknya warga yang tersangkut Narkoba merupakan satu bukti bahwa peredaran barang haram itu harus senantiasa diwaspadai dan diperangi karena bisa merusak generasi.

Pengaruh narkoba dapat berdampak buruk terhadap berbagai perilaku negatif termasuk kekerasan dan pelecehan seksual. Kita berharap agar kita dan keluarga senantiasa terhindar dari jeratan Narkoba.(Ril)

Editor : Agus Budi T