Tuesday, 6 September 2016

Tanggapi pengungsi Timur Tengah di Batam, Nuryanto : Pemerintah harus segera menentukan sikap

Nuryanto
Ketua Dprd Kota Batam, Nuryanto.SH
Batam, Dinamika Kepri - Menanggapi semakin banyaknya pengungsi Timur Tengah di Kota Batam saat ini, Ketua Dprd Kota Batam, Nuryanto.SH.MH mengatakan Pemerintah harus menentukan sikap.

" Sudah waktunya pemerintah kota Batam dan pemerintah pusat dapat segera mengambil kebijakan dan tindakan untuk menentukan sikap, agar keberadaan pengungsi ini, dapat segera ditangani dan jumlanya tidak bertambah lagi." kata yang akrap disapa Cak Nur Ini, Selasa (6/9/2016).

Tambahnya lagi menyebutkan," Bagaimanapun keberadaan para pengungsi tersebut secara tidak sengaja, sudah mengganggu sekitar sekitar lokasi gedung kantor Dprd , apalagi keberadaan mereka berkeliaran di sekitar kantor pemerintahan, tentu sangat terlihat tidak bagus." kata dia lagi.

Kini jumlah pengungsi  Timur Tengah yang berkemah di Taman Aspirasi depan kantor imigrasi klas I Batam di Batam Center, terhitung sudah mencapai kurang lebih dari 100 orang yang mana terdiri dari pria, wanita dewasa, ibu hamil, remaja, anak-anak bahkan ada juga anak bayi.

Pengungsi Sudan Timur Tengah, Tampak sedang tiduran di bawah pepohonan di sekitar lokasi gedung kantor Dprd kota Batam,  Selasa (6/9/2016).
Terkait semakin banyaknya pengungsi yang bertambah masuk ke Batam, ketika ditanya apakah ada orang yang memang sengaja memasukan pengungsi masuk ke Batam, Cak Nur  menjawab, kemungkinan dugaannya ada.

" Menurut saya tidak menutup kemukinan ada dan itu bisa saja terjadi,  karena pengamatan saya, pengungsi ini terus bertambah, indikasinya saya juga menduga kemungkinan ada pihak-pihak yang memang sengaja mengarahkan pengungsi masuk ke Batam, buktinya mereka terus bertambah," kata Cak Nur diruang kerjanya.

Sebelum menutup tanggapannya kepada media, Ketua Dprd dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini memastikan, untuk menangani para pengungsi tersebut, kata dia akan segera menjadwalkan untuk melakukan rapat pembahasan dengan pemerintah kota Batam dan juga nantinya akan menyurati pemerintah pusat, sebab keberadaan para pengungsi saat ini, kondisinya sudah sangat memprihatinkan jika ditinjau dari segala aspeknya, baik aspek sosial, keamanan maupun dari aspek kesehatan.(Ag)

Editor : Agus Budi T