Thursday, 29 September 2016

Kasus Reklamasi Pulau Bokor, Hakim Perintahkan Jaksa hadirkan Abob disidang berikutnya

Saksi Firman saat memberikan kesaksian di PN Batam.
Batam, Dinamika Kepri - Sidang Reklamasi Pulau Bokor kembali digelar, Kamis (29/9/2016) di PN Batam guna mendengarkan kesaksian dari Sekretaris Awang Herman, dari PT Putra Setokok yang bernama Firman.

Dalam persidang tersebut, pernyataan Firman, tidak jauh beda dengan keterangan saksi yang pertama Awang Herman sebelumnya

"Saya hanya karyawan biasa di PT. Putra  Setokok yang mulia, Selain itu, kami hanya mengerjakan penimbunan saja, sedangkan perihal tentang perjinan Amdalnya, bukan tugas kami," kata saksi Firman dalam persidangan.

Setelah mendengarkan kesaksian dari para saksi, kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), Susanto Martua.SH, Hakim meminta agar pemilik proyek penimbunan Palau Bokor Tiban, Achmad Mabub alias Abob, agar dapat dihadirkan dijadwal sidang mendatang yakni pada hari Kamis tanggal 6 November 2016.

Sidang perkara perusakan lingkungan ini berjalan memakan waktu yang lama, pasal dalam sidang ini JPU menghadirkan sebanyak 5 Saksi.

Dalam kasus ini, jika nantinya terbukti bersalah maka terdakwa Komisaris PT. Power Land, Afuan akan diancam pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 109 Jo Pasal 36 ayat (1) Undang-Undang RI No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dengan hukuman di bawah 5 Tahun penjara. (Ag)

Editor : Agus Budi T