Thursday, 8 September 2016

Dari 23 tender yang di menangkan, Nilai proyek CV Focus Renovasion sebesar Rp 7,7 Miliar

CV. Focus Renovasion
Batam, Dinamika Kepri - Setelah dilakukan penelusuran oleh media ini, Kamis (8/9/2016), nilai proyek yang di menangkan oleh toko bangunan CV. Focus Renovasion tahun 2015 yakni sebanyak 23 proyek dengan 19 item pengadahan Bahan bangunan dan 4 item proyek pembangunan jalan dengan total nilai keseluruhan Rp 7, 772, 584, 400. atau sekitar Rp 7,7 Miliar.

Dari kalkulasinya, CV. Focus Renovasion ini, ternyata telah menguasai kurang lebih dari 70℅ proyek pengadahan bahan bangunan yang ada di Pemko Batam.

Pertanyaan  kenapa bisa terjadi? terkesan sepertinya ada monopoli antara pihak perusahaan dengan oknum-oknum pejabat Pemko Batam untuk memuluskannya.

Jika ditilik dari segi hukumnya,  satu peruasahaan dapat kuasa 70℅ proyek, ternyata telah menyalahi UUD RI No 5 tahun 1999 Bab 4 pasal 17 Tentang pelarangan praktek monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat.

Jika ditilik lagi dari Peraturan Presiden (Perpres)  4 tahun 2015 tentang perubahan 4 tentang pengadaan barang/Jasa pemerintah, diatur bahwa setingkat CV hanya diperbolehkan maksimal 4 proyek sedangkan PT maksimal 5 proyek. Namun ini sangat Ironis, satu perusahaan dapat memenangkan tender 23 proyek.

Kepada media  sebelumnya, ketua Dprd kota Batam, Nuryanto.SH menanggapinya, katanya Itu sangat tidak elok, karena yang lain juga perlu makan.

Dan harap Nuryanto juga mengatakan, jika ada pelanggaran hukum terkait hal itu, ucap dia dapat segera di proses secara hukum.(Ag)

Editor : Agus Budi T