Thursday, 25 August 2016

Ketahui, inilah 6 macam jenis pakaian adat suku Batak


Pakaian adat suku Batak Toba, Foto/dok : @batak-network.blogspot.co.id

Dinamika Kepri- Surat dari pembaca, Keanekaragaman suku dan budaya yang ada di indonesia, tentunya adalah suatu anugrah yang dapat disyukuri karena tidak ternilai harga yang diberikan Sang Pencipta kepada bangsa Indonesia.

Maka itu untuk mempersatukannya berbagai macam upaya dilakukan oleh pendahulu bangsa ini untuk merajutnya agar saling mengikat menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Itu terbukti dilakukan hingga terjadinya Ikrar Sumpah Pemuda dan lahirnya Semboyan Bhineka Tunggal Ika. 

Dari semua suku dan budaya yang ada di Indonesia, suku Batak adalah salah satunya, berikut adalah  6 suku Batak dan macam jenis pakaian adat yang dikenakannya.

Suku Batak Toba, Suku Batak Toba adalah merupakan sub atau bagian dari suku bangsa Batak. Suku Batak Toba meliputi Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, sebagian Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga dan sekitarnya.

Pakaian adat suku Batak Simalungun
Batak Simalungun, suku Batak Simalungun adalah salah sub Suku Bangsa Batak yang berada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia, yang menetap di Kabupaten Simalungun dan sekitarnya. Beberapa sumber menyatakan bahwa leluhur suku ini berasal dari daerah India Selatan tapi ini hal yang sedang diperdebatkan.

Sepanjang sejarah suku ini terbagi ke dalam beberapa kerajaan. Marga asli penduduk Simalungun adalah Damanik, dan 3 marga pendatang yaitu, Saragih, Sinaga, dan Purba. Kemudian marga marga (nama keluarga) tersebut menjadi 4 marga besar di Simalungun.

Orang Batak menyebut suku ini sebagai suku "Si Balungu" dari legenda hantu yang menimbulkan wabah penyakit di daerah tersebut, sedangkan orang Karo menyebutnya Timur karena bertempat di sebelah timur mereka.


Pakaian adat suku Batak Karo, Foto/dok : @berbagaireviews.com
Suku Batak Karo, Suku Batak Karo adalah suku bangsa yang mendiami wilayah Sumatera Utara dan sebagian Aceh; meliputi Kabupaten Karo, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Deli Serdang. Suku ini merupakan juga salah satu suku terbesar di Sumatera Utara.

Nama suku ini dijadikan salah satu nama Kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Tanah Karo yang terletak di kabupaten karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo atau Cakap Karo. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.

Pakaian adat suku Batak Pakpak/Dairi, Foto/dok :@batak-people.blogspot.co.id
Suku Batak Pakpak, Suku Batak Pakpak adalah salah satu suku bangsa yang terdapat di Pulau Sumatera Indonesia. Tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara dan Aceh, yakni di Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah (Sumatera Utara), Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam (Provinsi Aceh)

Dalam administrasi pemerintahan, suku Pakpak banyak bermukim di wilayah Kabupaten Dairi di Sumatera Utara.

Pakaian adat suku Batak Angkola, foto/dok : @batak-people.blogspot.com
Suku Batak Angkola, Suku Batak Angkola adalah salah satu etnik di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara yang berada di dalam Wilayah Batak Nama Angkola berasal dari nama sungai, yakni batang Angkola (batang : sungai) yag diberi nama seorang penguasa yang bernama Rajendra Kola (angkola /yang dipertuan kola), melalui Padang Lawas, dan kemudian berkuasa di saat itu. Di sebelah selatan batang angkola diberi nama Angkola Jae (hilir) dan di sebelah utara sungai batang angkola diberi nama Angkola julu (hulu).

Suku Batak Angkola sendiri mengenal paham kekerabatan patrilineal. Dalam sistem patrilineal, orang Angkola mengenal marga. Di Angkola hanya dikenal beberapa marga saja, antara lain Siregar, Harahap, Hasibuan, Rambe, Daulay, Tanjung, Ritonga, dan Hutasuhut. Orang Batak Angkola mengenal pelarangan kawin semarga.

Pakaian adat suku Batak Mandailing, Foto/dok : @pariwisatasumut.net
Suku Batak Mandailing, Suku Batak Mandailing adalah salah satu suku yang ada di Asia Tenggara. Suku ini lebih banyak ditemui di bagian utara pulau Sumatera, Indonesia. Mereka datang di bawah pengaruh Kaum Padri yang memerintah Minangkabau di Tanah Datar. Hasilnya, suku ini dipengaruhi oleh budaya Islam. Suku ini juga tersebar di Malaysia, tepatnya di Selangor dan Perak. Suku ini juga memiliki keterkaitan dengan Suku Angkola.
 
Pakaian adat suku Batak Toba beserta penutup kepala.
Sebelumnya  busana Pakaian adat suku Batak Toba yang dipakaikan kepada Presiden RI Joko Widodo, sempat menjadi perdebatan di dunia maya.

Banyak netizen yang tidak mengetahui bahwa penutup kepala yang dipakai Presiden di saat melakukan kunjungan di Tobasa, Sumatera Utara (Sumut) itu seakan bukan yang sebenarnya. Padahal tidak ada yang salah, terlihat sama tetapi bisa saja dijadikan menjadi guyonan yang tidak mendasar seakan potensinya diduga hanya untuk sengaja menghina Budaya adat Batak.

"Memang ada perbedaannya tetapi hanya terlihat pada dibagian atasnya saja yakni antara datar dan mengerucut keatas," kata sebagian Netizen menanggapinya.(*)



Editor Agus Budi T