Monday, 8 August 2016

Dituding rendahkan Ulos Batak, Torang MT Sitorus : Mereka hanya salah mengartikan

Torang MT Sitorus. Foto : @facebook.com
Medan, Dinamika Kepri-Terkait pemberitaan yang telah update di beberapa media dimana telah menuding Torang MT Sitorus telah sebutkan " Ulos Yang Kalian Pakai Adalah Sampah", kepada media ini ketika diconfirmasi ia mengatakan itu tidak benar. Katanya mereka hanya salah mengartikan dengan apa yang dimaksudkannya.

" Yang share berita itu yang salah, Dia tidak mengerti apa itu ulos... Dia membayangkan semua kain bermotif ulos itu, bisa dikatakan ulos. Dan sampah yang saya maksud adalah ulos yang tidak berjiwa yakni Ulos yang di produksi massal yang masuk ke Ranah adat. Walau begitu saya mencari solusi untuk si kain bermotif ulos itu menjadi satu dengan produk berkwalitas jadi baju dan lain-lain." jelas Torang MT Sitorus, Minggu (7/8/2106).

Untuk mengenal, Torang MT Sitorus adalah seorang praktisi budaya Batak yang berkecimpung di dunia Ulos Batak. Selain pencinta budaya adat batak, ia juga sebagai Kolektor ulos Batak.

Dari media ulos Batak, pria ini sering melakukan seminar untuk memperkenalkan budaya Batak baik secara nasional maupun internasional.

Namun pada tanggal 6 Agustus 2016 kemarin, namanya tiba-tiba jadi terusik hingga menjadi perbincangan oleh para Netizen di media sosial Facebook lantaran ia katanya menyebutkan, jika ulos yang di pakai orang Batak adalah sampah.

Terkait hal itu ia menegaskan jika yang menudingnya seperti itu hanya bagi orang salah mengartikan dengan apa yang dimaksudnya.(Ag)

Editor : Agus Budi T