Wednesday, 6 July 2016

Pengungsi Timur Tengah di Batam, Buat Gedung Dprd Seperti Pasar Loak

Pengungsi Timur Tengah di Batam
Suasana gedung Dprd Kota Batam disaat malam hari, tampak seperti pasar loak,  Foto : Canra Siregar.

Batam, Dinamika Kepri - Beginilah suasana jika sudah malam hari di gedung Dprd Kota Batam, Selasa (5/7/2016) malam, Tampak para pengungsi dari Timur Tengah yang berkemah di Taman Aspirasi Batam Center, menggelar tikar dan bantalnya di teras Gedung.

Selain menggelar tikar dan bantalnya, Ternyata mereka juga membawa pakian-pakian kotornya dan alat-alat memasaknya seperti penank nasi, hingga membuat kondisi gedung Dprd ini mirip seperti pasar loak. Tampak seperti gambar diatas.

Kendati ada beberapa petugas Satpol-pp yang berjaga di gerbang pintu  masuk gedung, namun terkesan dibiarkan diduga dengan alasan demi kemanusian.

Padahal para pengungsi ini sebelumnya, sudah di tempatkan atau direkomendasikan oleh United Nation High Commisioner for Refugees (UNHCR) bidang pertolongan pada pengungsi dunia agar mereka tinggal di Hotel Kolekta. bahkan biaya sudah ditanggung oleh The International Organization for Migration (IOM), namun tidak di indahkan.

Diduga para pengungsi dari Nagara Somalia, Suriyah, Iran, dan Afganisan ini, telah menyewakan kamarnya kepada tamu hotel, terindikasi dugaan mereka bekerja sama sama dengan pegawai hotel untuk menyewakan kamarnya untuk mendapatkan rupiah dan lebih memilih berkeliaran di alam bebas.(Cn)

Editor : Agus Budi T


loading...