Thursday, 23 June 2016

Teo Tombitia alias Tobi warga Singapura pemilik paspor palsu Indonesia, Disidangkan

Sidang terhadap  Teo Tombitia (Baju merah), tampak sidangnya menghadirkan 4 orang saksi dari pihak Imigrasi Batam.

Batam, Dinamika Kepri- Sidang terhadap Teo Tombitia alias Tobi (53) warga negara Singapura pemilik Paspor palsu Indonesia yang di tangkap pihak imigrasi dan ditahan polisi sejak 18 Februari 2016 lalu, Kamis (23/6/2016) digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam guna mendengarkan kesaksian dari para saksi yang terdiri dari para petugas Imigrasi Batam.

Ternyata pemilik dokumen palsu yang ditangkap di pelabuhan Sekupang ini, sudah lama menggunakan Paspor palsunya dengan keluar masuk Batam Singapura, kata saksi dalam persidangan, bahwa terdakwa ini sudah menjadi Daftar pencarian orang (DPO) oleh Imigrasi kota Batam pada sebelumnya.

Dalam persidangan ini, Jaksa Penuntut umum menghadirkan  4 orang saksi yang kesemuanya dari petugas kelas IA Imigrasi kota Batam. Selain itu terdakwa ini juga didampingi seorang wanita sebagai penerjemah karena yang bersangkutan, tidak memahami bahasa indonesia.

Dalam kasus pemasuan dokumen ini, Pria tua yang bernamana Teo Tombitia alias Tobi tersebut, akan dijerat dengan pasal 126 huruf a Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dengan hukuman 4 bulan penjara.

Diduga paspor terdakwa ini di buat di Batam. Dan itu mungkin saja terjadi karena ada begitu banyak calo paspor berkeliaran di Kantor pengurusan  Paspor Imigrasi Kelas IA Batam. Tidak tahu mengapa bisa terjadi demikian, namun itulah kenyataannya. Diduga para calo Paspor itu bisa bertahan dan tetap dibiarkan bergentayangan kemungkinan besa karena bayar upeti kepada para oknum petugas imigrasinya. Dan bukan hal yang mengejutkan lagi ataupun mengherankan, jika hal seperti ini kerap terjadi di Batam.(Cn)

Editor : Agus Budi T