Thursday, 23 June 2016

Pengamat Polri, Prof.DR.Bambang Widodo Umar,SH.MH : Kunjungan kerumah calon Kapolri, Itu sangat berlebihan

Prof.DR.Bambang Widodo Umar,SH.MH
Prof.DR.Bambang Widodo Umar,SH.MH. (Foto/dok : @Tempo.co.id)
Batam, Dinamika Kepri - Pencalonan Komjen Tito Karnavian menjadi Kapolri ternyata di warnai polemik dari sejumlah kalangan pengamat, salah satunya yakni dari pengamat yang kerap berbicara soal kepolisian yaitu Bambang Widodo Umar.

Terkait kunjungan komisi III bidang hukum Dpr RI  yang datang bertandang kerumah calon Kapolri. Kehadiran komisi III tersebut  menjadi tanda tanya, mengingat belum dilaksanakan uji kelayakan atau fit and profer tes.

Selain itu Bambang menilai kunjungan tersebut, katanya itu tidak terlalu penting dilakukan,  meski hal kunjungan itu sah - sah saja guna melihat lebih sosok calon tunggal Kapolri yang di ajukan Presiden RI, Joko Widodo.

Kepada media, Rabu, (22/6/2016) Prof.DR.Bambang Widodo Umar,SH.MH, saat berkunjung di kota Batam mengatakan bahwa kunjungan dewan perwakilan rakyat RI dari komisi III bidang hukum kerumah calon Kapolri, Komjen Tito Karnavian,  menjadi polemik dan tanda tanya besar di kalangan pengamat kepolisian.

" Walau sah-sah saja, Namun kunjungan komisi III bidang hukum Dpr RI kerumah calon Kapolri tersebut, itu sangat berlebihan," tegas Bambang Widodo Umar saat mengunjungi rumah Putrinya di Bilangan Batam Center.

Bambang menilai kunjungan para anggota komisi tiga bidang hukum ini terbilang berlebihan, meski tidak aturan dalam klausul dalam aturan soal fit and profer tes. Namun kehadiran para anggota dewan ini seyogianya dilakukan setelah uji kelayakan menjadi Kapolri telah kelar di laksanakan.

Tambahnya, Meski demikian, hal tersebut sah sah saja, mengingat tidak adanya aturan baku soal kunjungan kalangan legislator ini, ke kediaman calon Kapolri tersebut. (Ln)


Editor : Agus Budi T