Wednesday, 1 June 2016

MFA : Singapura tidak pernah mengklaim Pulau Manis

Foto @ Funtasy Island's Facebook
Singapura, Dinamika Kepri- Kementerian Luar Negeri (MFA), Selasa (31 Mei 2016) mengatakan bahwa Singapura tidak akan pernah menganggu tentang kedaulatan Indonesia, apalagi klaim  Pulau Manis, yakni pulau yang ada di utara, dari Batam.

Pernyataan ini dikeluarkan pada Selasa malam, kata kementerian itu "sangat bingung" oleh laporan Indonesia mengklaim seperti itu, menambahkan padahal Singapura "tidak pernah mengklaim pulau itu".

Sebelumnya hari itu, media Indonesia seperti Metrotvnews.com juga melaporkan bahwa Singapura telah "mengklaim" Pulau Manis sebagai bagian dari wilayahnya,  dan bahwa pihak seperti kepala Rakyat Dewan Perwakilan Ade Komarudin yang mendesak pemerintah untuk melindungi kedaulatannya atas pulau tersebut.

Laporan berada di respon jelas bagi peta upload ke situs Funtasy Island, 30 hektar milik Singapura eco-resort yang terletak di Pulau Manis.

Peta itu menyoroti pulau dalam warna yang sama seperti Singapura, menunjukkan bahwa itu adalah bagian dari Republik. Sejak saat itu juga telah diedit untuk menunjukkan Pulau Manis dalam warna yang berbeda.

Source/ translate  : newschanelasia.com