Thursday, 30 June 2016

Mendagri tegaskan, Pengamanan perbatasan adalah kewenangan BNPP dan TNI

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.
 Jakarta, Dinamika Kepri – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan pengamanan daerah perbatasan menjadi kewenangan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama TNI. Kepulauan Riau dinilai sebagai titik utama yang harus mendapat perhatian pemerintah.

Tjahjo mengatakan, namun ini bukan menjadi tanggung jawab BNPP sendiri, namun juga TNI. Apalagi kalau masalah penyelundupan, makanya harus berbasis pertahanan.

Menurut dia, penyelundupan di wilayah perbatasan terjadi begitu marak, mulai dari rokok, narkoba sampai menyelundupan orang. Kalau BNPP sendiri, kata Tjahjo akan berkordinasi soal sarana dan prasarana di area tersebut secara optimal.

“Misal bea cukainya punya x-ray, lalu petugas imigrasinya diperbaiki begitu juga pelabuhan dan pengawasannya di sana harus lebih baik,” kata Tjahjo usai melangsungkan rapat kordinasi di BNPP, Kamis (30/6).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para Menteri menggelar rapat terbatas (ratas) terkait aksi penyelundupan yang terjadi di Indonesia. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan tempat-tempat yang disinyalir rawan penyelundupan.

"‎Pada ratas kali ini saya akan fokus melakukan evaluasi terhadap tindak lanjut dari ratas-ratas sebelumnya yang terkait dengan upaya penanganan penyelundupan‎," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta kemarin.

Sumber : Puspen Kemendagri