Thursday, 23 June 2016

Hati-hati, Modus penipuan dari ponsel marak lagi, Ini 7 tips cara menghindarinya

Tampilan Blog milik penipu. www.thr-ptmkios27.blogspot.com. 

Batam, Dinamika Kepri - Tidak tahu angin datangnya darimana, Tiba-tiba pada Kamis (23/6/2016) pagi, awak media mendapat pesan singkat dari seseorang nomor ponsel 0823-5057-1909 dan mengaku dari Telkomsel. Katanya Nomor ponsel awak media terpilih menjadi pemenang Gebyar hadia ke 2 dari  PT. M-kios Telkomsel dengan nomor Pin M248K81. Dan untuk menyakinkannya, tulisnya, Klik www.thr-ptmkios27.blogspot.com .

Namun setelah awak media ini membalas pesan penipu tersebut dengan teks berisi, " Mau nipu tapi masih amatiran, Domain blogmu masih gratisan, gimana orang mau percaya. hari gini gak pintar-pintar loe !", maka dari saat itu, penipu tersebut tidak merespon lagi.

Sebelumnya juga demikian, karena pesannya tidak direspon, para penipu itu juga berani menelepon calon korbannya. Kepada awak media ini pemilik nomor 0813-5742-7589 yang mengaku bernama Agung Setiawan juga pernah menghubungi awak media ini. Setelah menanyakan ini dengan siapa dan tujuannya apa tujuannya, dengan gugup ia menjawab, maaf tolong dijawab dengan sopan pak, saya Agung Setiawan, anda siapa?

Aneh memang , dia yang menelepon, dia pula yang bertanya ini dengan siapa. ketika awak media ini dengan nada keras bertanya lagi apa tujuan, bukannya menjawab ia malah mematikan Hanphonenya. diduga ia telah mengetahui jika kedoknya telah diketahuan, dan setelah awak media ini melakukan pelacakan terhada kedua nomor penipu ini ternyata posisi mereka ada yang di Balik Papan, Kalimantan Timur dan ada di Surabaya.

Begitulah saat ini, Modus penipuan mulai kambuh lagi. apalagi lagi saat menjelang lebaran ini, bukan tidak mungkin mereka bertambah ekstreem dan nekat menjerat korban.Maka itu diharapkan kepada masyarakat tetap waspada, jangan tergiur dengan hadiah yang di imingi dan ujung-ujungnya akan tertipu sendiri.

Inilah tips-tips untuk menghindari tindak penipuan melalui Ponsel maupun dari internet.

1. Jika ada pemanggil yang namanya tidak terdaftar di ponsel anda, jangan ditanggapi. jika anda penasaran itu siapa, anjurkan pemanggil itu mengirimkan pesan siapa dia dan apa tujuan dan keperluannya. jika tidak merespon, abaikan saja, Pasalnya saat ini, penipu juga dapat menghipnotis calon korbannya melalui percakapan dari ponsel dan menuntun korbannya sampai ke ATM, tampa sadar mereka akan menguras habis uang korbannya.

2. Penyelenggara gebyar hadiah, tidak pernah menghubungi pelanggannya mamakai nomor pribadi dan mengirim pesan dengan nomor pribadi.apalgi menyuruh mentransfer sejumlah uang.

3. Penyelenggara gebyar hadiah apalagi perusahaan sebesar seperti Telkomsel tetntunya tidak akan pernah memakai domain gratisan seperti, Blogspot.com/co.id, Wordpress maupun domain gratis lainnya.

4. Jangan percaya jika nomor ponsel anda tertera di Internet dengan di imingi Hadiah.

5. Jangan percaya jika seseorang mengaku polisi dan telah menahan salah satu keluarga anda. jika penasaran dan memastikan, hubungi sanak keluarga yang dimaksudkannya.

6. Jangan percaya terhadap kupon-kupon undian yang ditemukan di setiap produck makan ringan.

7. Laporkan ke Polisi jika ada orang mencurigakan yang akan menipu anda.

Tampak seperti gambar diatas, untuk meyakinkan para calon korbannya, gambar Gubernur DKI Jakarta, Ahok, juga di tempelkan.(Ag)

Editor : Agus Budi T