Sunday, 12 June 2016

AS kuatkan peran militernya di Afghanistan untuk memerangi Taliban


Penyebaran Serdadu AS di Afghanistan kini sudah mencapai sekitar 100.000 orang.[ EPA ]

Internasional, Dinamika Kepri - Dikuti dari aljazeera.com, Gedung Putih mengatakan, Pihaknya berencana akan membantu dan termasuk memberi " saran dan bantuan serta  sesekali " bila perlu melakukan operasi militer untuk melawan pasukan Taliban .

Saat ini Gedung Putih juga telah mengumumkan akan melakukan perluasan peran militer AS di Afghanistan untuk memerangi Taliban, ratcheting upyang sudah berlangsung konflik selama 15 tahun itu,  Presiden Barack Obama telah berjanji untuk mengakhirinya .

Selain itu Josh Earnest, sekretaris pers Obama pada hari Jumat, (10/6/2016) juga  mengatakan bahwa pasukan AS akan memainkan perannya dan " lebih proaktif " peran dalam membantu pasukan lokal " menjadikannya lebih efektif termasuk dalam di medan perang ".


Serangan Bom dari Taliban di Kota Kabul. @aljazeera.com
Earnest mengatakan dukungan AS akan datang dalam bentuk " saran dan bantuan " semua itu demi untuk membantu militer Afghanistan, serta " kadang-kadang menyertai atau membantu dalam operasi mereka melawan Taliban".

Sebelumnya pasukan Afghanistan telah berjuang melawan Taliban, karena Taliban telah melakukan sejumlah serangan, termasuk di ibukota Kabul, Afghanistan.(*)

Editor : Agus Budi T