Tuesday, 3 May 2016

Sudah 2 hari ini ratusan TKI tujuan Malaysia, Terlantar di kantor Satgas Bakorkamla Sekupang, Mereka bingung apa tujuannya

Tampak Para TKI terlantar di Kantor Bakorkamla Sekupang, Batam.
Batam, Dinamika Kepri - Sebanyak 300 orang lebih Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari berbagai daerah  hendak menuju negara jiran Malaysia, malam ini, Senin (2/5/2016) mereka terlantar di teras kantor Satgas Bakorkamla Sekupang, Batam Kepri.

Kepada media mereka mengatakan, sudah 2 hari ini mereka terlantar ditempat itu. pantuan media ini, mereka tidur tampa alas sama sekali serta berdesakan di teras kantor Satgas Bakorkamla Sekupang tersebut.

Menurut pengakuan mereka, pada hari Sabtu tanggal 30 April 2016 lalu, Ketika hendak menuju Kukup Malaysia, kapal yang mereka tumpangi yang berangkat dari pelabuhan Ferry internasional Batam Center, ditangkap petugas ditengah laut. tidak sampai distu, kedua kapal tersebut juga dibawa pelabuhan Bakorkamla Sekupang.

Katanya, dalam penangkapan, semua penumpang yang berisi TKI tersebut, diperiksa petugas, identitas mereka juga dicocokan dengan KTP dan Pasport mereka masing-masingnya.

Selain itu, para TKI juga mengatakan belum tahu bagaimana nasib mereka selanjutnya, apakah diberangkat atau dipulangkan, Namun yang jelas mereka mengaku telah sangat dirugikan dan tidak mengetahui apa maksud dan tujuan mereka di terlantarkan seperti itu.

Terkait hal ini, kepada media, petugas yang berjaga di pos Bakorkamla ketika ditanya mengatakan, tidak berani memberikan staitmennya apapun tentang keberadaan para TKI di tempat itu,

" Oh saya enggak berani memberikan penjelasan apapun tentang hal itu, dan untuk lebih jelasnya, datang saja besok, karena besok rencananya juga akan mengundang para Wartawan." ucap petugas yang berjaga.

Selama 2 hari ini, Para TKI mengaku tidur di teras kantor. kendati demikian, sebagian TKI ada yang tertutup dan enggan memberikan jawaban ketika ditanyai media. sepertinya mereka takut kedok penyalurnya diketahui media.(Ag)

Editor : Agus Budi T