Thursday, 26 May 2016

Sehari bersama DJ Hengky, Kata dia : Banyak yang mengaku DJ, Namun tidak semuanya siap menjadi seorang DJ sejati

A Deejay Heng Q
Batam, Dinamika Kepri - Menjadi  seorang Disck Jokey (DJ) rupanya tidak seperti yang kita bayangkan selama ini, gampang, bisa memainkan alatnya, lalu bisa dikatakan seorang DJ. Ternyata bukanlah demikian. Walau dikatakan sudah mahir dalam memainkan alat DJ, belum tentu bisa dikatakan juga seorang DJ sejati.

Menjadi seorang DJ bukan hanya dituntut dari sisi kemahiran saja, kata Hengky, harus memiliki Etika, cara-cara maupun trik bagaimana agar orang yang kita hibur saat show, dapat senang terhibur. dan berkenan kembali jika suatu saat orang -orang kita hibur itu, kedepannya dapat menerima kita untuk menghiburnya kembali. Intinya tugas seorang DJ adalah untuk menghibur pengunjung. maka kita harus mampu membuat pengunjung terhibur. Dan bukan itu saja, juga harus mampu menyatukan perasaan semua pengunjung menjadi satu, yaitu senang disaat mendengarkan ramuan musik yang di mainkan. Bukan hanya asal bunyi, namun seorang DJ itu harus mampu mempelajari situasi sebelum memainkan aksinya.

Inilah petikan perbincangan awak media ini dengan DJ Henky atau namanya lebih dikenal gaul A Deejay Heng Q saat di kantornya, di Dancemix  DJ Studio School, Nagoya, pada hari Rabu (25/5/2016).

Ag :     "Apa yang membuat anda tertarik menjadi seorang DJ?

Henky : " Awalnya senang aja, kepingin mengetahui, lalu aku memutuskan belajar masuk sekolah DJ. Menurut saya menjadi seorang DJ itu adalah sesuatu memiliki kelebihan, karena setahu saya, tidak semua orang bisa mampu mengusainya. Memang sekarang ini, ada banyak orang yang mengaku DJ. Menurut saya itu sah-sah saja, dan tidak ada yang melarangnya, namun sebagai DJ sejati itu, hendak harus memiliki etika, Seorang DJ harus memiliki wawasan luas, jika perlu mengetahui banyak hal. tujuannya agar kita bisa selalu nyambung ketika berhadapan dengan siapapun.

DJ itu, bukan hanya mahir memainkan alat saja, juga harus memiliki ilmu jiwa, melihat situasi, mampu menghilangkan rasa sombong dan egois dalam diri. dan miliki etika, karena itu paling perlu untuk membuat orang yang kita hibur bisa tetap nyaman".

Ag : " Bagaimana kehidupan DJ itu ? Apa benar Jika seorang DJ itu di sebut identik sebagai pemakai Narkoba.

Hengky : " Kehidupan DJ itu sama seperti kehidupan para artis, serba wah, DJ itu tidak mau ketinggalan gaya dan mode yang sedang tren, DJ itu selalu mengikuti pekembangan termasuki pakaian merek-merek pakaian ternama, walau harganya cukup mahal, DJ itu pasti berusaha untuk memilikinya untuk dipakainya untuk menambah penampilanya.

Itulah DJ, DJ itu bukan hanya bisa saja tampil main Ngejem saja, namun harus mampu tampil beda dari yang lain, selalu Meching, tampil gaul, memiliki ciri khas tersendiri, membedakan penampilan diri dari penampilan pengunjung lainnya. Menujukan dirinya seorang DJ yang sebenarnya. karena dari pakaian, jam tangan, Parfum maupun asesoris lainn yang di pakainya pasti akan dinilai orang yang melihatnya. apa bedanya seperti artis, seperti itu jugalah seorang DJ, penampilannya pasti selalu diperhatikan banyak orang.

Mengenai identik sebagai pemakai Narkoba, Asumsi demikian memang sudah sering saya dengar, saya pun tidak bisa menampiknya, namun jika disebut semua DJ seperti itu, tentu saya tidak begitu setuju, itu tidak benar. Itu tergantung orangnya, jika memang orangnya sudah dasarnya pemakai, tentu apapun pekerjaan dan profesinya, tetap saja jadi pemakai. Jadi tidak bisa menyudutkan profesi DJ seperti itu. Seorang DJ sejati tentunya berusaha agar tidak terlibat semacam hal itu.

Hal itu harus dihindari karena di saat menghibur, DJ itu harus sedang kondisi badan fit dan memiliki konsentarasi tinggi, mampu melihat situasi apa maunya para pengunjung, bagaimana agar tamu yang mendengarkan musik yang kita mainkan terhibur. Nah jika seorang DJ itu sudah menggunakan seperti yang dimaksudkan, bagaimana ia bisa maksimal, tentunya penampilanya akan buruk.

Logikanya, konsentarsinya akan terganggu. aksinya pun akan amburadul, jika itu terjadi, dipastikan besoknya, DJ itu pasti langsung di pecat oleh pemilik usaha tempat hiburan tersebut. Nah agar itu tidak terjadi, berarti kita harus menghindarinya."

Ag : " Setahu anda, Apakah semua DJ-DJ di Batam sudah bergabung di Persatuan Disck Jokey Indonsia (PDJI)? Dan bagaimana persyaratan aga bisa masuk PJI ?" Nah kalau anda sendiri sebagai apa di PDJI ?

Hengky : " Tidak semuanya, Namun harapan saya itu dapat terlaksanakan, pinginnya seperti itu, namun sesuai dengan peraturan PDJI pusat, mengharuskan setiap DJ yang ingin bergabung itu wajib sudah memiliki minimal jam terbang show selama 5 tahun dan melampirkan dimana-mana saja ia sudah pernah tampil selama 5 tahun itu.

Kalau saya bertugas sebagai sekretaris PDJI wilayah Kepri, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, SK nya sudah keluar."

Ag : " Oh ya..seperti yang kita ketahui belum lama ini,  ada 3 orang DJ utusan perwakilan dari Kepri untuk bertanding di Jakarta, kalau tidak salah ke 3 orang DJ itu, DJ Diaz Jay, DJ Eswel dan DJ Denov. Itu gimana, Kepri dapat peringkat berapa?

Hengky : " Dengar-dengar seperti itu, namun saya tidak tahu persis seperti apa kelanjutannya."

Ag : " Apa benar dalam waktu dekat ini Pihak Dancemix DJ School kembali akan melakukan " Open Championship" yang ke 2 ? Kapan itu dilakukan?

Hengky : " Ya.. itu benar, Mudah-mudahan tidak ada aral yang melintang, dalam Bulan Agustus 2016 ini, itu akan kita lakukan.

Ag : "  Berbicara seorang DJ, Puncak Klimaks  karir dari seorang itu seperti apa ?

Hengky; " Tidak ada puncaknya, Jika masih mampu melakukan kenapa tidak, karena bermain DJ itu, bukan hanya milik kaum muda saja, Contohnya seperti senior saya yang saat ini tinggal di Bogor, walau sudah berumur terbilang cukup tua. Beliau masih eksis sampai ini. Jadi umur bukan jadi penghalang. Kata Hengky menjelaskan menurut versinya.

Menyingkap kehidupan DJ memang tidak ada habisnya, mungkin beda orang beda pula pendapatnya. Namun itulah sedikit ungkapan dari DJ Hengky yang mana sudah lama berkecimpung di dunia intertainer di Batam ini.

Sehari Bersama DJ Hengky, tentunya adalah waktu saat yang menyenangkan, selain ia berkenan menceritakan seluruh pengalamannya, ia juga tidak sungkan menceritakan romantika kehidupannya selama menjadi seorang DJ di kota Batam. Walau dikatakan banyak orang jadi DJ itu gampang, ternyata tidak seperti demikian. Katan dia, Banyak yang mengaku DJ, Namun tidak semuanya siap menjadi seorang DJ sejati.(Ag)

Editor : Agus Budi T