Wednesday, 25 May 2016

Sebelum ditangkap, Para ABK kapal yang ditahan ini, Sempat gempur petugas BC dengan api obor

Petugas BC Berhasil Amankan Puluhan ABK yang berusaha menyerang petugas dengan api obor.

Karimun, Dinamika Kepri - Petugas Patroli laut, Bea dan Cukai (BC) Tanjung Balai Karimun (TBK) Kepulauan Riau (kepri) tiba-tiba diserang puluhan orang saat melakukan penangkapan sebuah kapal  lundup  yang bermuatan puluhan ton Balpres asal Malaysia yang hendak masuk ke Indonesia  di perairan Tanjung  bagan Siapi-api  Asahan pada hari Selasa (24/5/2016) malam, penyerangan itu terjadi saat petugas  hendak  meeriksa isi muatan kapal.

Bukannya dipatuhi, para petugas BC malah dilempari dengan api obor yang sedang menyala kearah kapal Petugas dari BC TBK Kepri ini. Melihat ada perlawanan, Petugas ini pun langsung melakukan tembakan sebagai peringatan. Namun tidak dihiraukan oleh komplotan penyuludup Balpres tersebut.

Petugas tengah menunjukan barang bukti Balpres kepada media, Rabu (25/5/2016).

Tidak sampai disitu, maka kejar-kejaran pun terjadi sembari petugas berusaha mengelak serangan obor dari para ABK kapal tersebut. Namun tidak berangsur lama, setelah persedian senjata  obornya mulai habis, kapal lundup itu akhirnya berhasil amankan.

Dalam penangkapan ini, Petugas menemukan  puluhan ton Balpres yakni limbah pakaian dari Jiran bernilai Miliaran rupiah, obor dan senjata tajam. Selain itu, setelah diamankan,  puluhan orang yang diduga sengaja dibayar oleh pemilik  Balpres menyerang petugas ini, juga diamankan karena telah melakukan perlawanan melawan petugas.

Untuk sementara ini, puluhan orang tersebut telah diaman kan dan menjadi  tahanan khusus Bea dan Cukai TBK. tidak ketinggalan tiga Nahkoda kapal beserta Barang bukti puluhan ton Balpres juga ditahan, guna  dilakukannya pemeriksaan lebih lanjut.(Ln)

Editor : Agus Budi T