Monday, 23 May 2016

PT. Amtek Engineering Batam terkesan kebal hukum, Dua kali dipanggil Dprd, Namun dikangkangi, Jeffry : Akan kita panggil kembali

PT. Amtek Engineering Batam di demo warga sekitar.
Batam, Dinamika Kepri - Sepertinya para Investor Penanam Modal Asing (PMA) yang berada di Batam saat ini sudah mulai menunjukkan taringnya masing-masing,  contohnya saja seperti PT. Amtek Engineering Batam yang berada di Kawasan Commo Batam Center. Diduga perusahaan ini sudah kebal hukum hingga mampu seenak perutnya merusak dan mencemari lingkungan di Batam dengan membuang limbah B3 nya dengan sembarangan.

Selain itu pihak dari Badan Penanggulangan Dampak lingkungan Daerah (Bapedalda) kota Batam juga tampaknya terkesan tutup mata diduga takut hingga tidak mampu menindak Perusahaan itu. Maka timbul pertanyaan, ada apa? Dan yang paling anehnya lagi, sebelumnya melalui ponselnya kepada awak media ini kepala Bapedalda kota Batam yakni Ir.Dendi Purnomo juga pernah mengatakan, bahwa perusahan PT Amtek Engineering Batam, adalah perusahaan yang 'Bandel'.

"Itu PT Bandel", kata Dendi melalui ponselnya, Kamis (10/3/2016) lalu kepada awak media ini ketika diconfirmasi dimana saat itu warga sekitar tengah mendemo PT. Amtek  karena ketahuan membuang limbah B3 nya keselokan.

Kedengarannya memang cukup unik dan aneh seorang pejabat yang berwenang untuk melakukan penindakan mengatakan hal demikian, memang itulah yang terjadi. Perusahan disebut Perusahaan 'Bandel' cukup ekstreem memang kedengarannya, dia ditugaskan mengawasi lingkungan saja, sudah mengatakan demikian, lalu apa yang harus dilakukan masyarakat? pastinya hanya merasakan dampaknya saja. Diduga Dendi Purnomo, takut  menindak perusahaan perusak lingkungan hidup di Batam ini. Namun sampai berita dimuat, belum dapat dipastikan, apakah kepala Bapedalda ini takut atau segan menindaknya.

Terkait temuan warga itu, komisi III lalu melakukan sidak keperusahaan dan terbukti perusahaan itu telah melakukan pembuangan limbah dengan sembarangan melaui selokan ke pemukiman. Kata Feffy Simanjuntak, Benar dan limbah itu mengadung limbah B3.

Selain itu, ia juga mengatakan dalam waktu dekat akan segera memanggil pihak perusahaan untuk dihearingkan, alhasil pihak perusahaan membandel malah mengangkanginya. ternyata benar kata Dendi, PT Amtek memang 'Bandel'.

"Sudah dua kali kita panggil, namun tidak diindahkan oleh pihak perusahaan, tetapi tidak sampai disitu saja, nanti akan kita panggil kembali, Ya..jika panggilan ke 3 ini tidak direspon lagi, apa boleh buat, karena hanya itu batasan kita, dan untuk selanjutnya akan kita serahkan kepada pemerintah karena yang berhak menindaknya itu adalah pemerintah, jika memang sudah layak dieksekusi. Ya dieksekusi saja." kata Jerry Simanjuntak dari komisi III Dprd kota Batam, kepada awak media ini diruang kerjannya, Senin (23/5/2016).

Kembali, ketika awak media ini meminta pendapat Jefrry Simanjuntak untuk menanggapi bagaimana dengan hasil kinerja Bapedalda kota Batam di bawah kendali Ir, Dendi Purnomo selama ini, ia mengatakan, tidak layak.

" Oh..Dendi itu tidak layak" tandas Jeffry mengakhiri.(Ag)

Editor : Agus Budi T