Monday, 16 May 2016

Bakamla RI Berhasil Amankan Kapal Penyeludup Pasir Timah Dari Kalimantan Saat Menuju Malaysia di Laut Perairan Natuna

Tampak Nahkoda kapal dihadapan Petugas tengah membuka karung bawaannya yang berisikan pasir timah yang hendak diseludupkannya ke Malaysia. Foto/by : lamhot Naibaho
Batam, Dinamika Kepri - Petugas Patroli Badan koordinasi keamanan laut ( Bakamla) RI, berhasil menangkap sebuah kapal bermuatan puluhan ton pasir timah di perairan laut Natuna, pada Senin pagi. Pasir timah bernilai Miliaran rupiah yang berasal dari Kalimantan ini, rencananya akan diselundupkan ke negara Malaysia, Senin (16/5/2016).

Penagkapan kapal tampa nama yang  mengangkut puluhan ton pasir timah ilegal yang berlayar dari Kalimantan menuju Malaysia di perairan laut Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) itu sebelumnya berlangsung sangat dramastis karena sempat terjadi kejar-kejaran.

Saat penangkapan, kapal bermuatan puluhan ton pasir timah yang dinahkodai oleh anisial SR dan Empat ABK itu, berusaha mencoba kabur untuk menghindari kapal petugas Bakamla yang tengah melakukan patroli.
Melihat itu, petugas patroli merasa curiga dan langsung melakukan pengejaran selama durasi satu jam. Setelah berhasil dikejar lalu kapal berserta barang bukti pasir timah bernilai miliaran rupiah itu berhasil diamankan.

"Setelah diamankan, petugas mendapati puluhan karung berisikan  pasir timah yang disimpan dilambung kapal tampa dilengkapi dokumen. Puluhan ton pasir timah ini rencananya akan diselundupkan ke Negara Malaysia melalui perairan Natuna." Terang Laksamana Pratama TNI, Predfy Ega, Kepala Keamanan Laut Zona Maritm Barat.

Untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Maka kapal dan puluhan ton pasir timah ini beserta 1 nahkoda dan 4 abk tersebut diamankan ke kantor Bakamla RI, ke Batam.(Ln)

Editor : Agus Budi T