Thursday, 21 April 2016

Raden Ajeng Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita

ra kartini
Raden Ajeng Kartini
Dinamika Kepri - Raden Adjeng Kartini (RAK), ya siapa yang tidak mengetahui nama ini? bagi kaum wanita pastinya tidak akan pernah melupakan nama pahlawan wanita dari Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 ini.

RAK adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia dan dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi atau di indonesia. Dan RAK adalah pahlawan emanspasi wanita di indonesia.

Perjuangannya RAK sangat mulia dan telah  berhasil menyetarakan kedudukan, kasta antara wanita dan pria di tengah masyarakat.

RAK meninggal di Rembang, Jawa Tengah,17 September 1904 pada umur 25 tahun. Terlihat, dari hasil perjuangannya, diera kini sudah banyak wanita yang ikut berperan menjadi penyelenggara negara di indonesia.

Sedikit menjelaskan dengan singkat sejarah RAK, Ia  adalah berasal dari kalangan penyanyi atau kelas bangsawan Jawa.

RAK merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara.

Dari semua perjuangannya saat itu, Maka RAK berhasil mendirikan sebuah yayasan sekolah Kartini (Kartinischool), 1918. khusus bagi wanita di zamannya.

Maka dari sejak itu, hidup peradaban pun terjadi. Bisa dilihat saat ini, kedudukan pria dan wanita sudah sama, bedanya cuma dikodrat saja, wanita melahirkan sedangkan pria tidak.

Dari  semua yang dilakukan RAK dimasa hidupnya, semua hasilnya sangat berarti dimasa berikutnya, hingga saat ini.(*)

Editor : Agus Budi T