Monday, 18 April 2016

Pelaku Pembakar Hutan di Sijantung Barelang, Borin dan Suito sidangnya digelar kembali

Borisman, tengah memberikan kesaksian di PN Batam, Senin (18/4/2016).
Batam, Dinamika Kepri- Sidang terhadap Borin dan Suito  pelaku pembakaran hutan di daerah Sijantung pada  tanggal 23 bulan September tahun 2015 lalu, kini Senin (18/4/2016) digelar kembali di pengadilan Negeri (PN) Batam guna mendengarkan kesaksian yang mana saksinya adalah  mantan kepala desa Sijantung, Kecamatan Galang, yakni Burisman. Namun saksi ini yang notabenenya adalah saksi untuk meringankan

Dalam persidangan, selain membenarkan kedua pelaku adalah dalang pembakaran hutan seluas 20 Hektar yang akan dibuat kebun itu, dalam kesaksiannya mantan kepala desa ini juga mengatakan, bahwa terjadinya pembakaran hutan itu karena minimnya perhatian pemerintah kota Batam yang tidak pernah sama memperhatikan desa Sijantung selama ini.

Masih dalam persidangan, Boriman juga sangat menyangkan atas ditahannya kedua pelaku pembakaran hutan tersebut, pasal menurut hemat bahwa selama ini dari sejak tahun 1972 dirinya sudah membuka kebun di daerah Barelang dengan cara melakukan pembakaran tidak pernah ada larangan dari pihak mapaun yang melarangnya, namun mengapa kedua pelaku ditangkap karena melakukan hal yang sama.

Selain itu katanya lagi, lahan hutan yang dibakar tersebut adalah milik seseorang yang akan diolah jadi kebun, bahkan ia juga sangat miris ketika kedua pelaku tersebut dituduh telah membakar 1/4 hutan diseluruh Barelang apalagi disebut telah mengacaukan Batam.

Sebelum menghakhiri kesaksian untuk memebela terdakwa, Borisman juga mengatakan untuk memastikan bahwa semua lahan kebun yang ada di Galang duhulunya semua hutan dan dibuka dengan cara membakar.

Setelah mendengarkan kesaksian dari Borisman, maka sidangpun ditunda hingga pada tanggal 25 April 2016 mendatang yakni dalam agenda yang sama, masih mendengarkan kesaksian dari 2 orang saksi lagi yang diduga masih dari saksi meringankan.(Cn)

Editor : Agus Budi T