Thursday, 28 April 2016

Kapal Cepat Mafia Rokok Tampa Cukai Ditemabaki BC di OPL, Satu orang ABK terluka

Petugas tengah menunjukkan barang bukti Rokok kepada Media
Petugas tengah menunjukkan barang bukti Rokok kepada Media
Batam, Dinamika Kepri - Petugas patroli kantor wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai khusus Kepulauan Riau, berhasil menangkap speed boat berkecepatan tinggi  yang mengangkut 4000 karton rokok impor tanpa  pita cukai yang rencananya rencananya rokok tersebut akan di seludupkan ke  pulau kijang tembilahan Riau dengan nilai barang di perkirakan mencapai Rp 3 Milyar.

Sebanyak 400 karton rokok impor ini di sita petugas dari satu unit kapal super cepat tanpa nama, di perairan Out Port Limited' (OPL) saat memasuki pulau Bintan, Kepri. Selasa, (26/4/2016)

Rokok muatan kapal tersebut terdiri atas dua merek di antaranya Luffmann dan A100 Classic tanpa di lengkapi dokumen  maupun  label pita cukai.

Dalam operasi tersebut petugas  sempat mendapat perlawanan dari ABK kapal penyeludup bahkan sempat menabrakan kapal patrolinya. Selan itu petugas kemudian menembaki mesin kapal pelaku hingga berhenti.

Tidak lama peristiwa dramatis itu terjadi, maka sebanyak 8 orang ABK kapal termasuk nakhkoda kapal kini dijadikan tersangka. dan satu orang  masi di rawat karena terkena pentulan  peluru.

Kabid penyidikan dan sarana operasi operasi kanwil Ditjen BC Khusus Kepulauan Riau  Evy Suhartantyo, kepada media mengatakan, potensi kerugian negara secara materi Rp1,18 milyar, sedangkan kerugian materil adalah mengganggu perekonomian dan perindustrian dan kesehatan dalam negeri.

" Potensi kerugian negara secara materi Rp1,18 milyar, sedangkan kerugian materil adalah mengganggu perekonomian dan perindustrian dan kesehatan dalam negeri," ucap Evy Suhartantyo, Kabid penyidikan dan sarana operasi ditjen DJBC Kepri.

Dan ntuk sementara ini, ratusan kardus rokok itu telah diamankan, dan delapan crew kapal juga demikian untuk dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. (Ln)


Editor : Agus Budi T