Sunday, 24 April 2016

Ini robot cantik buatan Jepang, Namanya Jia jia

Jia jia. @The Independent
Dinamika Kepri - Ini dia robot cantik buatan Jepang, Namanya Jia jia. Semua orang yang menyaksikannya sangat terkagum-kagum setelah melihat aksinya.

Robot ini juga dapat berintraksi dengan manusia. semua ucapan dan serta pertanyaan yang dilontarkan padanya dijawabnya. namun pihak penciptanya masih mengakui jika robot ciptaannya masih memiliki ada kelemahan di ekspresi dan emosionalnya.

Robot cantik yang bernama Jia jia mirip wanita cantik manusia sungguhan. ini, diekpersi emosinya masih terlihat sama baik marah maupun sedang gembira. Maka itu penciptanya masih akan melakukan pengembangan riset hingga mencapai kesempurnaan.

Nama robot cantik ini merupakan hasil karya tim di University of Science dan Technology of China, di Hefei. Butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan robot pintar yang mirip manusia ini.

Robot ini memiliki wajah plastik fleksibel yang terlihat realisits dan rambut panjang berwarna coklat, yang membuatnya benar-benar mirip wanita sungguhan.

Dikutid dari The Independent, Menurut direktur tim yang membuat robot tersebut, Chen Xiaoping, perhatian khusus lebih terlihat pada bibir dan matanya. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa pada peluncuran berikutnya, robot ini akan bisa tertawa dan menangis.

Jia Jia mampu berbicara dengan penciptanya. Dia bahkan mengatakan "Halo semuanya, saya Jia Jia, selamat datang," kepada para tamu yang hadir pada peluncuran pertamanya.

Seperti yang dilaporkan Xinhuanet, tujuan akhir tim ini adalah membuat robot tersebut mampu mengenali wajah manusia dengan baik sehingga bisa berinteraksi secara alam.(*)


Editor : Agus Budi T