Thursday, 7 April 2016

Gelper bisa beroperasi, Jika usaha telah memiliki sertifikasi

Rudi Panjaitan
Rudi Panjaitan
Batam, Dinamika Kepri - Seminar membahas gelper, Kamis (7/4/2016) di lantai III hotel Planet Holiday siang tadi, Tampak menghadirkan 6 narasumber terpercaya, antara lain, Kapolres Barelang, Kejari Batam, Ketua DPP Arki, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prof.Dr. Muhammad Fauzan.SH.M.Hum dan Dr.Jamin Ginting.SH.MH. berjalan dengan baik.

Usai melakukan Seminar Nasional dengan topik " Tindak pidana perjudian dengan arena ketangkasan elektronik" itu, kepada media, Rudi Panjaitan selaku Kepala Bidang Sarana dan Obyek Wisata Dinas Pariwisata Kota Batam mengisyaratkan bahwa gelanggang permainan (Gelper) yang menggunakan mesin ketangkasan kesannya dapat beroperasi, Namun sebelum itu dilakukan, harapnya, setiap pengusahanya, terlebih dahulu harus melalui beberapa tahapan penilaian dari badan-badan independen yang telah ditunjuk.

" Sesuai dengan UU No 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan peraturan pemerintah No52 tahun 2013 serta peraturan menteri Pariwisata No 30 tahun 2014, Bahwa setiap usaha pariwisata, harusnya setiap pengusaha wajib melakukan dan telah memiliki Standart sertifikasi usahanya yaitu melalui beberapa tahapan penilaian dari badan-badan independen yang telah ditunjuk." Kata Rudi.

Masih mengacu pada UU No 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Rudi menjelaskan bahwa arena permainan adalah Sub dari bidang  jasa, rekreasi dan hiburan.

Tambah Rudi lagi, " Maka dengan adanya beberapa tahapan penilaian dari badan-badan independen yang telah ditunjuk tersebut, inilah nantinya yang akan menjadi acuan untuk memberikan kepastian hukum kepada setiap pelaku usahanya." tandas Rudi.(Ag)

Editor : Agus Budi T.