Wednesday, 13 April 2016

Dua kapal penyeludup bawang merah asal Malaysia ditangkap BC Batam, ABK dan Nahkoda berhasil kabur

Tampak warga Pulau Abang mengutipi bawang merah yang berserakan di kapal.
Batam, Dinamika Kepri - Petugas Bea dan Cukai (BC) Batam, kembali berhasil menggagalkan aksi penyelundupan puluhan ton bawang merah asal Malaysia tujuan Bengkalis, Riau. Dan yang paling disayangkan lagi, para ABK dan Nahkoda kedua kapal, berhasil kabur usai mengkandaskan kapal angkut bawang ini ke pulau Abang, Batam. Rabu, (13/4/2016).

Puluhan bawang yang berasal dari Malaysia ini diangkut dua kapal kayu tanpa nama. selain itu kedua kapal yang juga diketahui sempat membuang muatannya ke laut ini, ditangkap petugas BC diperairan Pulau Abang setelah melalui proses waktu yang lama.

Sebelumnya,  kedua kapal yang mengelak dari kejaran petugas ea cukai mengkandaskan kapalnya ke bibir pantai pulau Abang. Kendati seluruh ABK dan Nahkoda berhasil kabur, namun petugas menumukan muatan bawang merah.

Atas berhasil penangkapan itu, Menurut  kepala kantor BC Batam, Nugroho Wahyu Widodo, mengatakan bahwa pihaknya sebelumnya juga sempat kesulitan untuk mengevakuasi kedua kapal  tersebut, karena sempat dihalangi  warga setempat. Akibatnya proses evakuasinya kedua kapal bawang itu berlansung alot hingga memakan waktu 6 jam.

" Proses evakuasi kedua kapal bawang ini, sebelumnya sangat sulit hingga memakan waktu selama 6 jam, pasalnya warga sekitar ada yang mencoba menghalangi petugas untuk mengamankan kedua kapal. Ssedangkan seluruh ABK dan Nahkoda kapal tersebut, berhasil kabur melarikan diri.'' kata Nugroho.

Dari pemeriksaan awal selain membawa bawang merah, ternyata kedua kapal itu ternyata juga mengangkut minuman keras. Dan saat ini, semua muatan kapal berupa bawang merah telah diamankan di gudang BC di Tanjung, Uncang. Sedangkan kedua kapal rencananya juga akan dibawa ke dermaga BC di Batu Ampar, Batam.(Ln)

Editor : Agus Budi T